Powered by Blogger.
Latest News
Thursday, September 1, 2016

Jokowi Menjamu Ratu Belanda di Beranda Istana


Jakarta, BSC -  Presiden Joko Widodo menerapkan format khusus untuk menjamu Ratu Maxima dari Belanda di Istana Kepresidenan. Format itu dinamai veranda talk atau berbincang di beranda Istana Merdeka. Tujuannya untuk menciptakan suasana diskusi yang lebih intim.

"Veranda talk itu pembicaraan yang intimate antara Presiden Joko Widodo dan tamu negara yang dianggap dekat atau penting di beranda," ujar Kepala Sekretariat Presiden Darmansyah Djumala kepada awak media di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis, 1 September 2016.

Djumala melanjutkan, Presiden Joko Widodo sendiri yang menciptakan format pembicaraan ini. Inspirasi utamanya adalah gaya pertemuan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dengan tamu pentingnya di Summer Garden.

Adapun format ini dipilih untuk pertemuan dengan Ratu Maxima, kata Djumala, karena Presiden Joko Widodo ingin bicara hati ke hati dengannya. Presiden Joko Widodo merasa isu yang perlu didiskusikan dengan Ratu Maxima sangat strategis, perihal financial inclusion, sehingga membutuhkan suasana diskusi yang lebih dekat. Mengobrol di beranda ini sebelumnya juga pernah dilakukan saat Jokowi menjamu Presiden Republik Ukraina Petro Poroshenko pada 5 Agustus 2016.

Selain karena isu strategis, Presiden Joko Widodo merasa Indonesia memiliki kedekatan sejarah dengan Belanda dan memiliki hubungan bilateral yang baik. Karena itu, veranda talk dirasa lebih pas.

"Siapa yang dipilih, itu tergantung persepsi Presiden Joko Widodo. Biasanya, pagi-pagi, kami tanya ke beliau mau veranda talk atau tidak. Beliau tinggal jawab, ya atau tidak," ujar Djumala.

Berdasarkan pantauan Tempo, lebih-kurang 45 menit dihabiskan Presiden Joko Widodo untuk berbicara dengan Maxima di beranda Istana Merdeka. Mereka menghabiskan waktu hanya berdua saja. Presiden Joko Widodo tampil mengenakan kemeja batik lengan panjang warna cokelat, sedangkan Ratu Maxima mengenakan kemeja lengan panjang warna krem.

Presiden Joko Widodo, beberapa waktu terakhir, memang mulai mengadopsi sejumlah tradisi negara tetangga dalam kegiatan Istana Kepresidenan. Selain veranda talk ini, yang terinspirasi Amerika Serikat, Presiden Joko Widodo menerapkan pergantian jaga Pasukan Pengamanan Presiden secara terbuka seperti di Inggris.(BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jokowi Menjamu Ratu Belanda di Beranda Istana Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro