Powered by Blogger.
Latest News
Thursday, September 1, 2016

Tips Membentuk Mental Anak


Sitaro, BSC - Program pendidikan terus ditingkatkan oleh Pemerintah bahkan merupakan salah satu program yang super prioritas di negara Indonesia, guna mengurangi angka pengangguran serta menciptakan lapangan kerja untuk masa depan indonesia.

Sebuah perjuangan keras untuk mencapai kehidupan sejahtera dan tak pernah menyerah.

Hal itu pula dapat menjadi contoh bagi orang tua untuk menempah anak, sebagai bentuk kerja sama untuk mensukseskan program dan tujuan pemerintah, agar menjadi orang yang sukses demi masa depan bangsa.

Berikut 5 cara tanamkan ketangguhan pada anak:

Belajar Bangkit
Seorang wartawan bertanya kepada Edison, “Bagaimana rasanya gagal 1000 kali?”. Edison menjawab, “Saya tidak gagal 1000 kali. Lampu pijar adalah sebuah penemuan yang memang memerlukan 1000 kali percobaan sebelum berhasil”. Sama seperti Edison, anak harus memahami bahwa “Failure is a delayed success”. Ingatkan anak bahwa yang terpenting adalah belajar dari pengalaman itu dan berbuat lebih baik di kesempatan lain untuk mengukir kesuksesan.

Mengasah Kemampuan Memecahkan Masalah
Sebagai orang tua, jangan selalu memberi jawaban dan pertolongan. Biarkan anak mencari dan mencoba berbagai solusi dari masalah yang dihadapi. Contohnya saat kesulitan mengerjakan pekerjaan rumah. Dampingi namun biarkan anak mencoba berbagai rumus. Ketika sudah benar-benar stuck, cukup berikan panduan untuk membantu anak menyelesaikan masalah tersebut.

Belajar Bersabar
Ajarkan anak bersabar sejak dini dengan menerapkan disiplin. Dalam sebuah eksperimen psikologi tahun 1968 di Columbia University, Walter Mischel, Ph.D. menemukan bahwa anak-anak yang berdisiplin dan bersedia menunggu untuk menikmati marshmallow, lebih sukses dan lebih mampu bertahan menghadapi stres di bangku kuliah.

Belajar Bersyukur
Ajarkan anak untuk tidak berfokus pada kegagalan atau pada ketakutan akan kegagalan. Ingatkan mereka untuk bersyukur atas “berkah” yang mereka miliki saat ini dan jadikan berkah tersebut sebagai pemacu untuk bangkit lagi.

Belajar berbagi dan berarti bagi orang lain
Saat anak diajari konsep berbagi dan bagaimana memberi nilai bagi hidup orang lain, anak akan paham mengenai hal-hal yang penting untuk diperjuangkan dan akan belajar untuk pantang menyerah dalam proses menggapainya. Ajari anak bahwa semua ketangguhannya membuat Anda sebagai orang tuanya bangga. Pastikan Anda ungkapkan kebanggaan pada anak di saat mereka menggapai setiap kesuksesan kecil, bahkan saat mereka menemui kegagalan. Bahkan saat mereka gagal, keberanian mereka untuk mencoba adalah sesuatu yang patut dibanggakan.
Semua perencanaan untuk mengajarkan anak Anda menjadi seorang pribadi yang tangguh dan siap berkompetisi harus didukung dengan pendidikan terbaik sebagai landasannya.

HSBC Advance hadir sebagai partner finansial yang tepat untuk membantu Anda memberikan masa depan cemerlang bagi anak Anda melalui pendidikan yang terbaik. Manfaatkan bantuan dari tim finansial HSBC Advance untuk membangun rencana pendidikan anak sesuai dengan mimpi Anda. Anda juga dapat memulai rencana Anda dengan solusi investasi bulanan yang terjangkau mulai dari Rp 2,5 juta per bulan, serta menghemat biaya administrasi hingga 45% untuk top up, switch dan redeem solusi investasi Anda melalui Personal Internet Banking.

Anda juga dapat memantau perkembangan investasi Anda melalui fitur Wealth Dashboard untuk memastikan rencana Anda tetap pada jalur yang tepat. Sambil mempersiapkan dana pendidikan anak, Anda tetap dapat menikmati gaya hidup yang Anda dan keluarga Anda idamkan menggunakan Kartu Debit HSBC Advance yang memberikan 15% cash rebate untuk transaksi bersantap dan 5% cash rebate untuk belanja bulanan di supermarket favorit Anda hingga Rp 250,000 setiap akhir pekan.(BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tips Membentuk Mental Anak Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro