Powered by Blogger.
Latest News
Friday, October 21, 2016

Alamak.!!! Selokan Dijadikan Tempat Sampah


BSC Sitaro - Menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah di sembarang tempat, nampaknya belum membudaya di masyarakat di sejumlah titik di Sitaro seperti yang terpantau Senin (03/10) di beberapa selokan di Kecamatan Siau Timur.

Hal itu pun membuat warga Tarorane Datros Sumendong yang peduli dengan kebersihan lingkungan menyayangkan perilaku warga yang membuang sampah di sembarangan tempat, sehingga kian menumpuk dan menimbulkan bau yang menyengat.

“Saya sangat menyayangkan jika selokan atau pun kali kering masih di gunakan untuk di jadikan sebagai tempat sampah. Kalau jalan raya terlihat bebas sampah namun bau menyengat muncul dari tumpukan sampah di kali kering atau selokan, tetap saja lingkungan kita itu kotor,” ujar Sumendong.

Di katakannya pula, warga tak boleh menganggap remeh soal sampah, dan dinas terkait tak boleh menyerah untuk kegiatan sosialisasi, di mana sampah-sampah tersebut bisa saja merenggut hidup manusia.

“Coba liat saja, akibat dari tumpukan sampah ini, pasti akan menimbulkan bibit-bibit penyakit yang suatu saat akan siap di tularkan ke kita manusia,” timpalnya.

Sementara itu kepala Dinas Kebersihan Penataan Ruang (DKPR) Sitaro James Makasenda mengaku, pihaknya terus melakukan sosialisasi terkait hal itu, bahkan telah menempatkan tong-tong sampah di berbagai titik namun kesadaran sejumlah masyarakat akan hal membuang sampah pada tempatnya nampaknya masih belum ada, meski sudah ada juga yang menyadari hal tersebut.

“Itu, tempat sampah itu, (menunjuk tempat sampah di komleks pelabuhan) sebenarnya, itu sengaja di tempatkan begitu, untuk memberikan kesadaran bagi masyarakat. Apa susahnya, contoh seperti puntung rokok, apa susahnya kita jalan saja ke tempat sampah dekat sekali dan membuangnya di tempat sampah. Tapi ini sudah lihat ada tempat sampah, masih ada puntung rokok yang lebih miris lagi di buang di samping tong sampa(di luar) red, bukan di dalamnya,” ucap Makasenda

Ditambahkannya pula, pihaknya telah meletakkan tempat sampah untuk memukul perasaan masyatakat dimana sudah di sediakan tempat sampah agar menjaga kebersihan lingkungan tetapi tetap saja masih ada sebagian yang belum menyadari itu.

“Tempat sampah itu di tempatkan di situ, bukan buat membuang sampah seperti batang pisang, tetapi, itu memberitahukan kepada kita bahwa betapa pentingnya kita membuang sampah itu tidak sembarangan,” jelas Makasenda.(Nustar/BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Alamak.!!! Selokan Dijadikan Tempat Sampah Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro