Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, October 11, 2016

OTT Polisi di Kemenhub, Sita Rp 1 M Hasil Pungli

Barang bukti yang di sita polisi
BSC Jakarta - Satgas gabungan dari Bareskrim Mabes Polri dan Polda Metro Jaya menggeledah ruang pelayanan publik di Kementerian Perhubungan. Petugas menangkap tangan 3 orang di lantai 12 kantor Kemenhub.

Pantauan detikcom di lokasi, Kantor Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Selasa (11/10/2016), ketiga orang tersebut masih diinterogasi polisi. Ketiganya yakni S di bagian pengukuran, Ny M sebagai Kasie Pendaftaran, dan seorang karyawan dari perusahaan perkapalan.

Ny M yang masih diinterogasi di lokasi terus menangis sesenggukan saat diinterogasi polisi. Di mejanya terdapat sejumlah uang nominal Rp 100 ribu dan Rp 50 ribu. 

Sejumlah dokumen juga uang suap operasi tangkap tangan (OTT) di Kemenhub total Rp 95 juta. Uang tersebut dimasukkan dalam amplop dan ditulisi nama PNS yang dituju. 

"Memang di dalam uang tertulis nama-nama kepada siapa, untuk siapa (PNS yang dituju)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono dalam jumpa pers di lantai 6 Kemenhub, Jl Abdul Muis,

Menurut Awi, pihaknya menangkap 6 orang dalam kasus ini. 2 Di antaranya merupakan PNS. Sedangkan sisanya honorer dan pegawai harian lepas (PHL) Kemenhub.

Barang bukti yang ditemukan, lanjut Awi, terbagi di dua lantai Kemenhub. Lantai pertama di lantai 6, yakni uang Rp 34 juta. Sedangkan di lantai 12, uang Rp 61 juta.

Nilai uang yang ditemukan yakni dalam bentuk seratus ribu dan lima puluh ribuan. Barang bukti lainnya yakni buku tabungan senilai hampir Rp 1 miliar. Diduga uang ini untuk mengurus masalah perizinan di Ditjen Perhubungan Laut.

Ada pun barang bukti uang tunai dalam kasus operasi tangkap tangan di Kantor Kemenhub. Total uang tunai yang ditemukan polisi Rp 95 juta. uang ditemukan di dua lokasi berbeda.

"Untuk barang bukti ada Rp 34 juta di lantai 6 dan di lantai 12 ada Rp 61 juta," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes M Awi Setiyono, di Kantor Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat,

Polisi juga beberapa buku tabungan dalam OTT tersebut. Di buku tabungan itu, terdapat nominal rekening mencapai Rp 1 miliar.

"Termasuk bentuk tabungan senilai Rp 1 miliar," ucap Awi.

Dalam penangkapan ini polisi menangkap AR, AD, D, T dan NM. Diduga uang ini untuk urus masalah perizinan di Ditjen Perhubungan Laut.

"Tapi ini masih dikembangkan karena dalam yang yang kita tangkap ini ditulis kepada siapa untuk siapa," ujarnya. (detik/BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: OTT Polisi di Kemenhub, Sita Rp 1 M Hasil Pungli Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro