Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, November 2, 2016

Jelang Natal Tahun Baru Harga Pala Siau Yang Bersertifikat Nomor Satu Anjlok


BSC Sitaro - Menjelang perayaan Natal di Kabupaten Sitaro terlebih khusus lagi di pulau penghasil pala nomor satu dunia, kebutuhan masyarakat Karangetang Mandolokang kolo-kolo dipastikan meningkat tajam dengan  berbagai keperluan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Miris sekali hal tersebut tidak di dukung dengan harga komoditi pala yang menjadi pendapatan utama warga pualu penghasil pala nomor satu dunia ini yang saat ini harganya anjlok pada angka Rp55 ribu per kilonya, belum lagi kondisi cuaca yang buruk yang mengakibatkan jumlah panen menurun drastis.

Menurut seorang penjual pala di pasar Ulu Siau Lenny, harga komoditi pala terus mengalami penurunan sejak beberapa pekan lalu, dari sebelumnya berada di posisi Rp70 ribu per kilogram, turun Rp69 ribu per kilogram, dan turun lagi Rp62 ribu per kilogram. Yang terbaru, pekan ini anjlok lagi hingga Rp57 ribu per kilogram, yang membuat masyarakat sangat tidak puas dengan uapaya pemerintah untuk mensertifikasi komoditas andalan pulau karangetang itu.

“Penurunan kali ini sangat mengecewakan kami warga Siau karena jika bicara permintaan akhir-akhir ini cukup tinggi, kemudian bicara kualitas, kan Sitaro kualitas nomor satu tapi harganya tidak berkualitas,” cocor Lenny salah satu penjual pala.

Sementara, seorang pengumpul mengakui jika harga pala anjlok. “Memang harga pala sekarang ini sudah menurun karena permintaan yang turun belum lagi stok yang terus menumpuk di gudang, itu salah satu penyebabnya harga pala mengalami penurunan,” tutur Kepala Gudang Produksi Pala Siau, Mekris. (BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jelang Natal Tahun Baru Harga Pala Siau Yang Bersertifikat Nomor Satu Anjlok Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro