Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, January 17, 2017

Gubernur Pastikan Penindakan Investasi Ilegal

BSC Sulut - Gubernur Sulut Olly Dondokambey memastikan, bakal menertibkan aktivitas sejumlah perusahaan asing di Sulut. Pasalnya, aktivitas investasi yang dilakukan sejumlah perusahaan asing tak kunjung memiliki izin.
Kegeraman mantan Ketua Badan Anggaran DPR RI itu, bukan tanpa alasan. Berulang kali ditegur, namun hingga kini etiket baik tak ditunjukkan. Dibeberkan, perusahaan asal Tiongkok mendominasi maraknya investasi ilegal di bumi Nyiur Melambai.
“Yah sampai hari ini belum pernah menandatangani izin usaha mereka. Termasuk izin tambang,” bebernya usai menghadiri serah terima jabatan (sertijab) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulut di Graha Gubernuran, Senin (16/1/2017).
Ditegaskannya, investasi Sulut sedang digenjot. Adanya aktivitas perusahaan asing dapat merusak iklim investasi yang sudah baik. “Kalau tak segera diurus, perusahaan itu sendiri yang rugi. Sudah berinvestasi tapi nggak ada izin,” ujarnya memberi peringatan.
Sementara itu, Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dispendal-PTSP) Happy Korah menyebut, pihaknya tengah melakukan evaluasi terhadap sejumlah izin usaha. Ia mengakui banyak keluhan masyrakat terhadap aktivitas sejumlah perusahaan asing jadi penyebab. “Makanya kita sementara kaji. Kalau memang ternyata tidak seusai akan dievaluasi,” jelas mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata itu.
Lanjut dia, tidak hanya izin usaha tambang, namun semua izin usaha baik perusahaan atau perorangan lokal maupun internasional turut dievaluasi. “Nah kalau ada aktivitas yang tidak berizin itu berarti sudah masuk ranah pidana. Kami hanya melakukan pengecekan data apakah suatu perusahaan sudah berizin atau tidak,” terangnya.
Diketahui, baik gubernur maupun wakil gubernur telah berulangkali menyatakan kegeraman terhadap aktivitas perusahaan asing yang tidak memiliki izin. “Jangan sampai mereka hanya memanfaatkan kekayaan sumber daya alam kita saja. Kalau tidak ada untungnya segera ditindak,” tegas Wagub Steven Kandouw.(BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Gubernur Pastikan Penindakan Investasi Ilegal Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro