Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, January 24, 2017

Lembaga Pemantapan Pancasila Bentukan Jokowi Didukung MPR

BSC Jakarta -Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) melakukan rapat konsultasi dengan Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam kesempatan itu, kedua pihak membahas soal rencana Presiden Jokowi membentuk lembaga pemantapan Pancasila.

Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan, dalam pertemuan itu MPR menyampaikan soal tugas MPR, terutama terkait sosialisasi empat pilar.

"Kami menyampaikan terkait tugas-tugas MPR khususnya sosialisasi empat pilar, penekanan pada sosialisasi empat pilar MPR. Apalagi melihat perkembangan keadaan kita sekarang ini perlu secara sungguh-sungguh kita menyampaikan kembali nilai-nilai luhur ke-Indonesia-an kita," kata Zulkifli di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Zulkifli juga mengatakan kedua belah pihak membahas soal rencana Presiden Jokowi untuk membentuk lembaga pemantapan Pancasila yang sudah ada Perpresnya. MPR mengapresiasi langkah tersebut dan siap untuk melakukan kerjasama dengan pemerintah.

"Kami apresiasi, karena ini usulan rapat konsultasi dua tahun yang lalu (antara MPR) dengan Pak Presiden (dan) sudah ditindak lanjuti perlunya. Kalau dulu ada Manggala BP7, ada pelajaran-pelajaran mengenai pendidikan kewarganegaraan, pendidikan Pancasila, ada penataran dan sebagainya. Tentu sekarang kita memerlukan lagi disesuaikan metodenya dengan perkembangan zaman. Oleh karena itu kami apresiasi, kami dukung tadi agar lembaga pemantapan Pancasila itu nanti bisa bekerjasama dengan MPR," jelas Zulkifli.

Pertemuan tersebut juga membahas soal tanggal 1 Juni yang kini sudah ditetapkan sebagai Hari Nasional. Untuk itu, Zulkifli mengatakan, peringatan 1 Juni sudah tidak menjadi kewajiban MPR lagi untuk merayakannya, melainkan menjadi tugas pemerintah.

"1 Juni sudah ditetapkan menjadi hari nasional. Oleh karena itu pelaksanaan peringatan 1 Juni tidak lagi oleh MPR, tetapi harus oleh pemerintah, karena sudah ditetapkan sebagai hari nasional. Tapi tadi Pak Presiden mengatakan kalau bisa nanti tetap saja MPR bersama dengan pemerintah bersama-sama untuk melaksanakan 1 Juni," ujarnya.

Selain itu, lanjut Zulkifli, MPR, DPR dan DPD akan melakukan sidang tahunan pada 16 Agustus mendatang. Untuk itu, diharapkan Presiden Jokowi bisa menghadiri kegiatan tersebut.

"Kita meminta supaya Pak Presiden hadir pada 16 Agustus. Beliau mengatakan Insya Allah akan hadir," katanya.

Hadir dalam pertemuan hari ini selain Zulkifli Hasan yakni seluruh pimpinan MPR. Mereka yakni Wakil Ketua MPR Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR EE Mangindaan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR Mahyudin, dan Wakil Sekjen MPR Selfi Zaini. Sementara itu, Jokowi didampingi oleh Menko Polhukam Wiranto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. 
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lembaga Pemantapan Pancasila Bentukan Jokowi Didukung MPR Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro