Powered by Blogger.
Latest News
Friday, January 20, 2017

Mengikuti Pelantikan Presidan AS Donald Trump


BSC Washington DC - Parade pelantikan menyambut Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru, Donald Trump berakhir setelah berlangsung selama kurang lebih 3 jam. 

Trump dan Wakil Presiden AS Mike Pence kembali ke dalam Gedung Putih. Selanjutnya, mereka akan menghadiri acara makan malam resmi. Dijadwalkan ada tiga acara makan malam sekaligus yang akan dihadiri Trump dan Pence beserta istri masing-masing. 

Dua acara makan malam akan digelar di Walter Washington Convention Centre dan satu lagi akan digelar di National Building Museum. Sebelum menghadiri acara makan malam, mereka akan beristirahat sebentar di Gedung Putih.

Usai tiba di Gedung Putih, Presiden AS Donald Trump dan Ibu Negara Melania akan menyaksikan jalannya parade pelantikan di sepanjang Pennsylvania Avenue, pada Jumat (20/1) petang waktu AS.
Rombongan parade yang dilaporkan terdiri atas 8 ribu partisipan mulai bergerak dari dekat Gedung Capitol, setelah rombongan Trump dan Wapres AS Mike Pence tiba di Gedung Putih. 

Para partisipan terdiri atas anggota berbagai korps militer AS, juga para siswa sekolah menengah serta marching band universitas setempat, korps penunggang kuda, tim petugas penyelamat, juga kelompok veteran.

Trump dan Pence beserta keluarga mereka akan menyaksikan parade ini dari podium khusus yang didirikan di dekat Gedung Putih. Terlihat putra bungsu Trump, Barron, duduk di sebelah ayahnya untuk menyaksikan jalannya parade.

Anak-anak dan cucu Trump lainnya juga berada di podium yang sama untuk menyaksikan parade.



Sempat masuk kembali ke dalam limousine, rombongan Presiden AS Donald Trump dan Wapres Mike Pence kembali turun ke jalanan untuk menyapa warga. Sambil menggandeng tangan Melania, Trump melambai kepada pendukungnya yang menunggu di pinggir jalan. Barron, putra bungsu Trump yang masih berusia 10 tahun, juga ikut menyapa warga. Anak-anak serta cucu Trump lainnya juga turun ke jalanan dan ikut menyapa warga AS. 

Agen Secret Service harus bekerja lebih keras untuk mengamankan keluarga besar Trump ini. Sorakan membahana menyambut keluarga Presiden AS yang baru ini.


Iring-iringan Presiden AS Donald Trump dan Wapres AS Mike Pence terus bergerak perlahan menuju Gedung Putih. 

Sorakan pendukung Trump mewarnai parade ini. Namun terdengar juga olok-olokan para demonstran anti-Trump yang juga ikut menunggu di pinggir jalan. 

Rute parade melalui Pennsylvania Avenue yang ditempuh mencapai 2,4 kilometer.


Di tengah perjalanan, iring-iringan kendaraan berhenti. Trump dan Melania turun dari limousinekepresidenan 'The Beast' dan berjalan kaki. 

Sambil tersenyum, Trump terus melambai ke arah warga AS yang menunggu di pinggir jalan. Melania terus berjalan di sebelah suaminya. Putra bungsu Trump, Barron, juga ikut mendampingi orang tua mereka. 


Tak lama berjalan kaki, Trump dan Melania serta Barron kembali masuk ke dalam 'The Beast'.

Presiden AS Donald Trump beserta istrinya, Melania, telah masuk ke dalam limousine kepresidenan yang juga disebut 'The Beast'. Parade menuju Gedung Putih pun dimulai. 

Wapres AS Mike Pence dan istrinya, Karen, juga ikut dalam rombongan parade yang akan melalui Pennsylvania Avenue. Demikian halnya dengan anak-anak dan cucu Trump. Iring-iringan Trump sedikit panjang karena dia memiliki keluarga besar, dengan lima anak dan banyak cucu.

Ribuan warga AS, baik pendukung maupun demonstran, menunggu Trump di pinggir jalan sepanjang rute parade. Dengan berjalan kaki dan sedikit berlari, para Secret Servicesiaga mengawal di kanan dan kiri iring-iringan kendaraan yang ditumpangi Trump dan keluarga.




Parade ini menjadi tradisi bagi setiap Presiden AS yang baru dilantik. Parade ini juga menandai dimulainya perjalanan Trump menuju kediaman barunya selama menjabat Presiden AS untuk 4 tahun ke depan.


Presiden AS Donald Trump dan Wakil Presiden AS Mike Pence meninjau parade militer AS di luar Gedung Capitol AS.

Peninjauan semacam ini merupakan yang pertama kalinya bagi Trump, yang sebelumnya belum pernah memegang jabatan publik apapun, baik dalam pemerintahan maupun militer.

Peninjauan ini dilakukan sebelum keduanya melakukan parade menuju Gedung Putih.


Usai menghadiri makan siang Kongres AS di Gedung Capitol, Washington DC, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump akan melakukan parade menuju Gedung Putih.

Trump dan Wapres AS Mike Pence akan memimpin iring-iringan parade menyusuri jalanan sepanjang 2,4 kilometer, via Pennsylvania Avenue, dari Gedung Capitol menuju Gedung Putih.

Trump dan Pence akan memimpin iring-iringan yang diikuti oleh 8 ribu partisipan. Para partisipan terdiri atas anggota berbagai korps militer AS, juga para siswa sekolah menengah serta marching band universitas setempat, korps penunggang kuda, tim petugas penyelamat, juga kelompok veteran.

Istri Trump, Melania, juga anak-anaknya juga akan ikut serta dalam parade ini. Trump dan Melania dimungkinkan untuk keluar dari limousine dan berjalan kaki di sepanjang rute parade untuk menyambut langsung warga AS yang menunggu mereka di pinggir jalan.

Ratusan ribu warga AS yang sebelumnya menghadiri pelantikan Trump di National Mall, kebanyakan masih menunggu di sepanjang rute parade untuk menyambut Trump dan Pence beserta keluarga mereka.


Dalam acara makan siang Kongres AS di US Statuary Hall, Gedung Capitol, Trump sempat berpidato dan membahas soal kehadiran Presiden Bill Clinton dan istrinya, Hillary. 

Trump berterima kasih atas kehadiran keduanya. Dia kemudian meminta hadirin untuk berdiri dan memberikan tepuk tangan meriah untuk Bill dan Hillary. 

"Terima kasih. Saya minta Anda semua berdiri. Saya sangat menghormati kedua orang ini. Terima kasih," ucap Trump, seperti dilansir CNN

Kedatangan Hillary yang mendampingi suaminya, Bill Clinton, yang mantan Presiden AS, menjadi sorotan publik dan media. Sebabnya, Hillary harus menyaksikan pria yang mengalahkan dirinya secara mengejutkan dalam pilpres 8 November 2016 lalu, dilantik menjadi orang nomor satu di AS, posisi yang sempat diincarnya. 

Sebelum acara makan siang dimulai, Trump juga sempat berjabat tangan dengan Hillary dan mengucapkan 'Terima kasih' kepada mantan rivalnya itu.


Bentrokan kembali terjadi antara demonstran anti-Trump dengan kepolisian yang mengamankan pelantikan Donald Trump di Washington DC.

Dilaporkan AFP, Sabtu (21/1/2017), sedikitnya 95 demonstran ditangkap polisi terkait bentrokan itu. Kebanyakan demonstran ditangkap karena melakukan vandalisme dan perusakan properti.

Bentrokan dilaporkan terjadi di ruas jalan yang berjarak beberapa blok dari jalur yang akan dilalui parade pelantikan Trump. Parade dijadwalkan akan mulai digelar pukul 15.00 waktu setempat dan berakhir pukul 17.00 waktu setempat.


Masih berada di Gedung Capitol, Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menandatangani sejumlah dokumen untuk pertama kalinya. 

Trump didampingi Ketua DPR AS Paul Ryan, kemudian anggota parlemen AS Kevin Mccarthy selaku Ketua Mayoritas DPR AS, lalu Senator Missouri Roy Blunt dan Senator Kentucky Mitch McConnell yang juga Ketua Mayoritas Senat AS. 

Hadir juga anggota parlemen AS dari Partai Demokrat, Nancy Pelosi, yang juga Ketua Minoritas DPR AS. Keluarga besar Trump termasuk Melania dan Ivanka juga hadir dalam seremoni ini.

Secara terpisah, Sekretaris Pers Trump, Sean Spicer menjelaskan bahwa dokumen yang ditandatangani Trump itu antara lain rancangan undang-undang, kemudian pencalonan resmi Senat dan penetapan Hari Patriotisme Nasional.


Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengantarkan mantan Presiden AS Barack Obama ke helikopter. Dengan helikopter itu, Obama dan istrinya, Michelle akan terbang ke Joint Base Andrews. 

Joint Base Andrews merupakan fasilitas militer AS yang terletak di Prince George's County, Maryland. Obama dijadwalkan berpidato singkat di Joint Base Andrews. 

Dari sana, Obama dan Michelle akan melanjutkan penerbangan ke Palm Springs, California untuk berlibur bersama kedua putri mereka, Malia dan Sasha.


Usai Trump berpidato, penyanyi berusia 16 tahun, Jackie Evancho membawakan lagu kebangsaan AS, The Star-Spangled Banner

Dengan demikian, seremoni pelantikan Trump dan Pence di Gedung Capitol telah berakhir. Hadirin diminta berdiri saat Trump meninggalkan lokasi pelantikan. Kemudian para tamu undangan satu per satu meninggalkan lokasi. 

Acara selanjutnya, Trump dan Pence akan makan siang bersama Kongres AS, yang masih digelar di Gedung Capitol.


Dalam pidatonya pertamanya sebagai Presiden AS, Donald Trump fokus pada janjinya semasa kampanye. Trump juga berusaha menghidupkan harapan rakyat AS di bawah kepemimpinannya untuk empat tahun mendatang. 

"Mulai hari ini dan selanjutnya, hanya akan menjadi Amerika yang terutama, Amerika yang terutama," ucapnya. 

"Saat untuk berbicara kosong telah berakhir. Sekarang tiba waktunya untuk bertindak," imbuh Trump.

Trump mengakhiri pidatonya dengan janji untuk membuat Amerika hebat kembali. 

"Kita akan membuat Amerika kuat kembali. Kita akan membuat Amerika sejahtera kembali. Kita akan membuat Amerika bangga kembali. Dan iya, bersama, kita akan membuat Amerika hebat kembali," tandasnya.

Hadirin meneriakkan bagian 'hebat kembali'. "Terima kasih, Tuhan memberkati Anda dan Tuhan memberkati Amerika," tutup Trump.


Dalam pidato pertamanya, Trump menekankan bahwa penyerahan kekuasaan antara satu presiden dengan presiden lainnya. Trump berterima kasih kepada Obama karena telah membantunya selama ini. 

"Bantuan itu luar biasa, terima kasih," ucap Trump.

"Hari ini, kita tidak hanya menyerahkan kekuasaan dari satu pihak ke yang lain... tapi kita menyerahkan kekuasaan dari Washington DC dan memberikannya kembali pada Anda, rakyat," imbuh Trump, yang disambut tepuk tangan. 

Di tengah-tengah pidato, hujan turun dan Trump tetap melanjutkan pidatonya. 

"20 Januari 2017 akan dikenang sebagai hari saat rakyat menjadi penguasa sekali lagi. Mereka yang terlupakan tidak akan lagi dilupakan. Semua orang mendengarkan kalian sekarang," ujarnya.


Usai dilantik, Donald Trump menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden Amerika Serikat (AS). Trump menyampaikan pidatonya untuk 'rakyat dunia'.

"Kita, warga negara Amerika, sekarang bersama dalam upaya nasional yang hebat untuk membangun kembali negara kita dan memulihkan janji-janji bagi seluruh rakyat. Bersama kita akan menentukan arah Amerika dan seluruh dunia untuk bertahun-tahun ke depan," ucap Trump dalam pidatonya.


Setelah Mike Pence, giliran Donald Trump mengucapkan sumpah jabatannya. Trump dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts.

Hakim Roberts mengucapkan kata-kata dalam sumpah jabatan Presiden AS terlebih dahulu, dan Trump mengikutinya.

"Saya, Donald John Trump, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan teguh menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, menjaga, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, bantu saya," demikian bunyi sumpah yang diucapkan Trump. 

Trump meletakkan tangan kirinya di atas dua Alkitab yang dipegang istrinya, Melania, saat membaca sumpah. Kedua Alkitab itu merupakan Alkitab yang digunakan Presiden AS Abraham Lincoln dan Alkitab yang dihadiahkan Ibunda Trump kepadanya pada tahun 1955.

Usai membacakan sumpah jabatan, Trump resmi menjabat Presiden AS.


pertama dilantik menjadi Wakil Presiden AS. Hakim Mahkamah Agung Clarence Thomas memimpin pembacaan sumpah jabatan.

"Saya, Michael Richard Pence, bersumpah dengan sungguh-sungguh, bahwa saya akan mendukung dan mempertahankan konstitusi AS terhadap seluruh musuh, baik asing maupun domestik," demikian bunyi sumpah yang dibacakan Hakim Thomas kemudian diulangi oleh Pence. 

"Bahwa saya akan menanggung keyakinan dan kesetiaan sejati, bahwa saya akan menjalankan kewajiban ini tanpa paksaan, tanpa ada keraguan maupun niat untuk menghindar, dan saya akan dengan baik dan teguh menjalankan tugas jabatan yang akan saya emban. Tuhan, bantu saya," imbuhnya. 

Setelah membaca sumpah jabatan, Pence resmi menjadi Wapres AS. Pence kemudian memeluk istrinya, Karen. Sorakan menyambutnya. 


Prosesi pelantikan Donald Trump terus berlangsung di Gedung Capitol. Di sisi lain Washington DC, unjuk rasa anti-Trump diwarnai kekerasan. 

Seperti dilansir Reuters, ratusan demonstran berpakaian serba hitam memecahkan kaca jendela kantor cabang Bank of America, restoran cepat saji McDonald dan kedai kopi Starbucks.

Polisi antihuru-hara merespons dengan semprotan merica dan granat kejut untuk membubarkan demonstran.


Dilanjutkan dengan penampilan kelompok paduan suara dari Missouri State University.

Upacara pelantikan Trump diawali dengan pembacaan doa dan ayat-ayat Alkitab. Kardinal Timothy Dolan mengawali dengan membacakan doa.

Senator Missouri, Roy Blunt, sebagai Ketua Komisi Pelantikan Kongres, menyampaikan pidato pembuka. Blunt disambut sorakan hadirin.

Pidato Blunt membahas soal sejarah pelantikan Presiden AS. Pidato ini menjadi tradisi penyerahan kekuasaan secara damai.


Donald Trump dan Mike Pence memasuki lokasi pelantikan sebagai Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih AS. 

Pence masuk ke lokasi pelantikan terlebih dahulu dan disambut tepuk tangan. Pence menyalami para tamu undangan yang hadir.

Selanjutnya, giliran Trump dipanggil untuk masuk ke dalam lokasi pelantikan. Trump sempat menyalami Obama dan juga Biden.

Sorakan dan tepuk tangan membahana saat keduanya tiba di sisi barat Gedung Capitol yang menjadi lokasi pelantikan.


Selanjutnya, Presiden AS Barack Obama bersama Wakil Presiden AS Joe Biden bersama memasuki lokasi pelantikan. Keduanya juga mendapat sambutan khusus.

Obama sempat menyalami anak-anak Trump begitu tiba di lokasi pelantikan.


Calon Ibu Negara AS Melania Trump memasuki lokasi pelantikan bersama Karen Pence, istri Wakil Presiden AS terpilih Mike Pence. 

Keduanya didampingi personel militer AS dan mendapat sambutan khusus saat memasuki lokasi pelantikan di sisi barat Gedung Capitol.


Ibu Negara AS Michelle Obama bersama istri Wakil Presiden AS Joe Biden, Jill, bersama-sama memasuki lokasi pelantikan.

Halaman National Mall yang menjadi lokasi berkumpulnya warga yang ingin menyaksikan pelantikan Donald Trump, dipenuhi lautan manusia. Mereka yang hadir meneriakkan kata-kata 'USA' secara berulang-ulang. 

Trump dan Barack Obama belum memasuki lokasi pelantikan.


Barack Obama dan Donald Trump telah tiba di Gedung Capitol. Keduanya langsung berjalan menuju lokasi pelantikan.

Joe Biden dan Mike Pence mengikuti di belakang mereka. Upacara pengambilan sumpah Trump dan Pence sebagai Presiden dan Wapres AS yang baru akan segera digelar. 

Sementara itu, kelima anak Trump, yakni Donald Trump Jr, Eric Trump, Ivanka Trump, Tiffany Trump dan Barron Trump terlihat memasuki lokasi pelantikan.


Mantan Presiden AS Jimmy Carter beserta istrinya juga terlihat telah tiba di Gedung Capitol. Carter merupakan Presiden AS ke-39 yang menjabat tahun 1977-1981. 

Selain Carter, mantan Presiden AS George W Bush beserta istrinya, Laura, juga telah tiba terlebih dahulu di Gedung Capitol.

Demikian halnya dengan mantan Presiden AS Bill Clinton dan istrinya, Hillary. Kehadiran Hillary menjadi sorotan publik tersendiri karena dia kalah dari Tump dalam pilpres AS tahun lalu.

Ketiga mantan Presiden AS itu memasuki lokasi pelantikan, yang ada di sisi barat Gedung Capitol, secara berurutan dengan sambutan resmi. Jimmy Carter yang pertama dipanggil untuk masuk, kemudian Bill Clinton dan terakhir George W Bush.

Tepuk tangan riuh menyambut mereka. Terutama saat Bill dan Hillary memasuki lokasi pelantikan. Hillary terlihat menyapa banyak orang di lokasi.

Tokoh penting lainnya, seperti Ketua DPR AS Paul Ryan juga Senator Vermont Bernie Sanders juga terlebih dahulu hadir di lokasi pelantikan.

Rombongan Presiden AS Barack Obama dan Presiden terpilih AS Donald Trump mulai bergerak meninggalkan Gedung Putih, menuju Gedung Capitol, tempat digelarnya pelantikan. 

Michelle Obama dan Melania Trump keluar bersama dan masuk ke dalam mobil yang sama. Disusul oleh Wapres Joe Biden dan Wapres terpilih Mike Pence, yang juga masuk ke dalam mobil yang sama.

Terakhir, Trump dan Obama berjalan santai menuju mobil sebelum masuk ke dalam limousine yang sama. Rombongan akan bergerak menuju Gedung Capitol melalui Pennsylvania Avenue.


Presiden AS Barack Obama dan Ibu Negara Michelle Obama akan mendampingi Trump dan Melania dalam perjalanan menuju Gedung Capitol AS, dari Gedung Putih. 

Sementara itu, kursi tamu undang mulai terlihat penuh. Warga yang ingin menyaksikan langsung pelantikan Trump juga telah memenuhi halaman National Mall.

Bill Clinton dan Hillary tiba di Gedung Capitol untuk menghadiri pelantikan Donald Trump. Hillary hanya melambai saat ditanya wartawan soal perasaannya di hari pelantikan mantan rivalnya dalam pilpres.

Bill dan Hillary menyapa beberapa orang, sebelum akhirnya masuk ke dalam Gedung Capitol.


Hillary kalah mengejutkan dari Trump dalam pilpres AS pada 8 November 2016 lalu. Secara nasional, suara perolehan Hillary jauh mengungguli Trump. Namun untuk perolehan electoral vote, Hillary kalah dari Trump.
Satu per satu kursi di sisi barat Gedung Capitol, Washington DC, yang menjadi tempat digelarnya upacara pelantikan Donald Trump, mulai terisi.

Para tamu undangan mulai berdatangan dan menempati tempat duduk masing-masing. Khusus untuk area di halaman Gedung Capitol, dibutuhkan undangan untuk bisa masuk.

Namun bagi mereka yang tidak memiliki undangan, bisa hadir langsung untuk menyaksikan pelantikan Trump secara gratis di halaman National Mall. 

Syaratnya, mereka harus datang sejak pagi untuk mengantre. Pengamanan ketat dan berlapis juga harus dilalui sebelum mencapai halaman National Mall.

Pintu masuk ke halaman National Mall dibagi menjadi beberapa titik berbeda. Kebanyakan dari mereka yang hadiri merupakan pendukung setia Trump.Diperkirakan akan ada 800 ribu orang yang membanjiri pelantikan Trump.

Keluarga besar Trump, yang terdiri atas putra dan putrinya, Donald Trump Jr, Eric Trump, Ivanka Trump dan Tiffany Trump tiba di Gedung Capitol. Mereka membawa serta istri atau suami juga anak-anak mereka. 

Putra bungsu Trump, Baron, yang sebelumnya tak terlihat saat Trump dan Melania menghadiri kebaktian pagi di St John's Church, terlihat hadir bersama keluarga Trump lainnya. 

Sementara itu, mantan Presiden AS George W Bush beserta istrinya, Laura, juga telah tiba di Gedung Capitol.


Donald Trump dan Melania tiba di Gedung Putih, usai menghadiri kebaktian pagi di St John's Church, Washington DC. Keduanya disambut langsung Presiden AS Barack Obama dan Michelle.

Trump dan Obama berjabat tangan dan saling menyapa, kemudian bersama-sama masuk ke dalam Gedung Putih. Melania sempat menyerahkan kotak hadiah berwarna hijau kepada Michelle.


Di dalam Gedung Putih, Trump dan Obama akan minum teh bersama sebelum melanjutkan perjalanan bersama-sama ke Gedung Capitol.

Sedangkan wakil presiden terpilih AS Mike Pence dan istrinya, Karen, tiba di Gedung Putih sebelum Trump. Mereka disambut oleh Wapres AS Joe Biden dan istrinya, Jill.


Donald Trump dan Mike Pence baru akan diambil sumpahnya menjadi Presiden dan Wakil Presiden AS pada Jumat (20/1) sekitar pukul 11.30 - 12.30 waktu setempat. 

Namun para pendukung Trump juga warga AS yang ingin menyaksikan langsung pelantikan bersejarah ini mulai memenuhi National Mall, yang menjadi pusat massa. Pemeriksaan ketat dan berlapis diberlakukan bagi semua orang yang ingin melihat langsung pelantikan di Washington DC ini.



  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Mengikuti Pelantikan Presidan AS Donald Trump Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro