Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, January 25, 2017

Rp.3M Proyek Air Bersih Asal Jadi

BSC Sitaro - Pengerjaan proyek air bersih di tahun anggaran 2016 sebesar Rp 3 miliar, dinilai asal jadi. Pipa saluran air yang harusnya ditanam dalam tanah, hanya dibiarkan berceceran di atas jalan. Bahkan rentan menyebabkan kecelakaan.
Tidak hanya itu. Menurut warga Kampung Kanang, sejumlah mata kran sudah mulai rusak. Diduga karena dirusak oknum warga yang marah hasil proyek tidak jelas dan belum sepenuhnya dinikmati hasilnya.
Terpisah, Pemerhati Sitaro Rita Narasiang mengungkapkan, masalah proyek air bersih tersebut masih banyak dugaan pelanggaran lain. “Proyek tersebut dikerjakan oleh kontraktor asal Sangihe. Dan masalah ini sementara kami telusuri untuk dijadikan bukti pada laporan yang akan diajukan ke aparat berwajib," ungkapnya.
Sejumlah bukti visual, katanya, sudah menandakan amburadulnya proyek air bersih di Kampung Kanang. "Masih banyak lagi pada lokasi-lokasi lain di kampung yang sama," tandas Narasiang.
Sementara itu, Kepala Bidang Cipta Karya Dinas PU, Penataan Ruang, Perumahan, dan Kawasan Pemukiman Enos Mundulong ST saat dikonfirmasi mengatakan, belum mendengar tentang informasi proyek air bersih yang sedang bermasalah tersebut.
Dijelaskannya, jika benar sesuai keluhan warga, akan ditindaklanjuti kembali. “Kami akan mengecek terlebih dulu. Jika terbukti sedang bermasalah kami akan langsung menghubungi kontraktor yang menangani proyek tersebut. Karena proyek itu masih masuk dalam tahap pemeliharaan," terangnya, sembari membenarkan, anggaran proyek tersebut terkendala sumber air yang terlalu jauh.
Ditambahkannya, anggaran proyek itu memang benar sebesar Rp 3 miliar. “Kendalanya sekarang sumber air yang jauh di sebelah Gunung Api Karangetang. Tapi hingga saat ini airnya masih berjalan baik,” ujarnya.(BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Rp.3M Proyek Air Bersih Asal Jadi Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro