Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, February 22, 2017

Program Tol Laut Banyak Warga Belum Paham, Menhub : Tol Laut Bukan Jalan Tol Diatas Laut

BSC Jakarta - Banyak masyarakat yang belum mengerti tentang program tol laut besutan PresidenJoko Widodo (Jokowi) dan Wakil PresidenJusufKalla (JK). Banyak bertanya apakah program ini sudah berjalan? Atau apakah program ini membangun jalan tol di atas laut?
Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menjelaskan, program tol laut sendiri sudah berjalan di beberapa titik wilayah.

"(Program tol laut) Ada lah! Masa enggak ada?" ungkap Budi Karya saat menghadiri rapat kerja Kementerian Perhubungan di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (21/2/2017).

Ia pun menjelaskan, bahwa program tol laut ini bukan lah membangun jalan tol di atas laut, melainkan jalur pelayaran kapal-kapal dari wilayah barat menuju ke timur, yang digunakan menekan perbedaan harga.

"Bukan (jalan tol) di atas laut. Namanya tol laut itu adalah menjalankan fungsi-fungsi pelayaran dari barat ke timur dengan tujuan mengurangi disparitas ekonomi dan harga. Dan itu real ada," kata Budi Karya.

Bahkan saat ini, dengan adanya tol laut, beberapa wilayah telah merasakan manfaatnya.

"Di Namlea (sebuah kecamatan di Kabupaten Buru, Maluku) itu ada satu contoh harganya (beberapa komoditas) turun 40% sampe 50%," ujarnya.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Program Tol Laut Banyak Warga Belum Paham, Menhub : Tol Laut Bukan Jalan Tol Diatas Laut Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro