Powered by Blogger.
Latest News
Monday, February 13, 2017

Dana Santunan Korban Kecelakaan Jasaraharja Naik 2 Kali Lipat

BSC Jakarta - Besaran santunan terhadap orban kecelakaan penumpang umum (darat dan laut) serta korban lalulintas jalan oleh PT Jasa Raharja (Persero) di naikkan menaikkan jumlah santunannya kepada korban kecelakaan penumpang umum (darat dan laut) dan korban lalu lintas jalan. Jumlah kenaikan santunannya naik dua kali lipat, atau 100% dari jumlah santunan sebelumnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, PT Jasa Raharja selaku perusahaan yang ditunjuk pemerintah untuk menjalankan program dana pertanggungan wajib kecelakaan, memandang perlu untuk meningkatkan nilai santunan. Peningkatan nilai santunan dilakukan karena telah terjadi perubahan pada faktor kebutuhan hidup dan inflasi, antara Iain kenaikan biaya rumah sakit, obat-obatan, dan kenaikan biaya penguburan.

Kenaikan dana santunan juga tak diikuti dengan naiknya iuran wajib dan sumbangan wajib guna tetap menjaga daya beli masyarakat.

"Selama delapan tahun terakhir, jumlah penumpang angkutan umum dan jumlah kendaraan bertambah secara signifikan. Dari proyeksi keuangan, kita melihat PT Jasa Raharja menunjukkan ketahanan dana untuk memberikan kenaikan santunan meski besaran iuran wajib dan sumbangan wajib tidak dinaikkan," katanya dalam jumpa pers di Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (13/2/2017).

Hal ini dipertegas oleh Direktur Utama Jasa Raharja, Budi Setyarso yang mengatakan, rasio kecukupan keuangan perusahaan saat ini yang memungkinkan adanya kenaikan jumlah santunan tanpa diikuti kenaikan iuran dan sumbangan wajib, yakni mencapai 600%. Sehingga jika dana klaim meningkat dua kali lipat tahun ini, hal tersebut tak menjadi masalah.

"Pemerintah sudah lama melihat bahwa selama empat tahun ini kebutuhan masyarakat khususnya korban meninggal dunia, keluarga membutuhkan biaya yang cukup besar. Kemudian, berdasarkan penelitian kami dengan BPS dan sebagainya, index biaya hidup dan obat kenaikannya sekian persen, biaya obat tidak bisa Rp 10 juta ter-cover oleh rumah sakit. Oleh karena itu, kami ajukan ini," ujarnya.

Di saat yang bersamaan, proporsi jumlah penumpang yang mengalami kecelakaan atau jumlah korban kecelakaan lalu lintas juga cenderung menurun atau cenderung flat.

"Rata-rata klaim, kemarin yang terjadi, kami membayarkan kurang dari Rp 2 triliun dan hasil iurannya Rp 5 triliun untuk tahun lalu. Tingkat fatalitas juga menurun. Ada efisiensi di dalamnya. Lalu, memang kegiatan pemerintah sangat diharapkan untuk mencegah kecelakaan lalu lintas," pungkasnya.

Seperti diketahui, dana pertanggungan kecelakaan penumpang dan dana kecelakaan lalu lintas jalan dibentuk untuk dapat memberikan santunan kepada penumpang yang menjadi korban kecelakaan alat angkutan umum, dan masyarakat yang menjadi korban kecelakaan Ialu Iintas jalan. Hal ini merupakan bentuk perlindungan dasar kepada masyarakat sebagaimana amanat Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.(*) 
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Dana Santunan Korban Kecelakaan Jasaraharja Naik 2 Kali Lipat Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro