Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, February 21, 2017

Ini Dia Cara Keren Ngemil Sehat

BSC Jakarta - Secara umum, gaya hidup dengan mengonsumsi makanan sehat belum banyak diminati di Indonesia, apalagi di kalangan anak-anak muda. Padahal menurut pakar, anak muda Indonesia sudah 'ketinggalan'.

Menurut pakar, mereka juga enggan membiasakan diri untuk makan makanan sehat karena khawatir dianggap kampungan bila makan sayur atau buah-buahan.

Hal ini diungkap Prof Dr Mangestuti Agil, MS, Apt, dari Fakultas Farmasi Universitas Airlangga. Ketika diundang dalam berbagai acara di seputaran Asia Tenggara, ia menyaksikan perbedaan yang mencolok antara gaya hidup anak Indonesia dengan muda-mudi di negara yang lain.

"Remaja di Singapura dan Thailand itu kesadaran makan sehatnya tinggi. Mereka menggemari biji-bijian dan kacang-kacangan seperti biji bunga matahari atau kuaci," urainya dalam Herba Talks di Perpustakaan Universitas Airlangga Surabaya, Selasa (21/2/2017).

Di kedua negara tersebut, makanan sehat seperti biji bunga matahari, biji labu kuning, biji semangka dikemas secara trendi sehingga generasi muda tak malu ketika mengonsumsinya. Pengolahannya pun dijamin telah memenuhi kriteria sehat, seperti dipanggang dengan madu dan tanpa menggunakan garam seperti halnya kebanyakan cemilan di Indonesia.

"Di Malaysia, anak muda itu juga hangout sambil makan lalapan seperti daun pegagan, daun ubi jalar mentah, daun kemangi, ketimun, atau terong. Mereka juga mulai menghindari trans fat," lanjutnya.

Kendati demikian, Prof Manges mengatakan muda-mudi Indonesia tak perlu berkecil hati, sebab ada banyak cemilan sehat yang bisa diperoleh di sini, bahkan tak terkesan 'ndeso' saat dikonsumsi.

Semisal untuk minum teh. Terinspirasi dari kebiasaan Prof Manges minum teh tanpa gula, teh juga dapat disajikan dengan irisan lemon, madu atau daun mint.

"Ada juga teh dari kembang telang. Ini antioksidannya kuat dan sangat baik untuk kesehatan otak. Bunga ini sayangnya tidak tumbuh di Indonesia," tuturnya sembari menunjukkan kembang telang yang telah diseduh menjadi teh.

Menariknya, teh yang tidak berasa dan beraroma ini memiliki warna yang berbeda dari teh kebanyakan, yaitu biru. Dari jauh teh ini bahkan terlihat tak ubahnya seperti soda.

Selain teh, Prof Manges juga menyarankan infused water. Menurutnya, infused water bisa jadi alternatif untuk mereka yang tak doyan minum air putih. Kombinasi buahnya juga dapat ditentukan sendiri sesuai selera. Yang tak kalah penting, seseorang bisa terlihat 'keren' hanya dengan menenteng botol berisi infused water mengingat minuman jenis ini memang sedang trendi di sejumlah kalangan.

"Selain dari buah, bisa juga dari empon-empon seperti kunyit asam, beras kencur, STMJ, ini memang agak 'ndeso' tapi manfaatnya luar biasa. Atau minuman bubuk seperti temulawak bubuk. Tetapi hati-hati kalau ada rasa-rasanya karena itu bahan kimia, dan juga kandungan gulanya," pesan Prof Manges.

Cemilan lain yang dianjurkan adalah kurma dan rumput laut. Sejumlah makanan berbentuk bars yang beredar di pasaran dikatakan Prof Manges juga bisa dijadikan alternatif yang menyehatkan. 

Lantas perlukah suplemen untuk menjaga kesehatan? "Suplemen hanya diperlukan kalau ada aktivitas lebih. Untuk daily activities sih nggak perlu dengan catatan kita sudah menjaga asupan gizi," katanya.

Ia mengingatkan untuk selalu mengonsumsi buah atau sayur yang berwarna cerah seperti tomat, pepaya, atau apel karena warna itu menunjukkan kandungan antioksidan yang tinggi. 

"Tubuh sebenarnya sudah punya mekanisme antioksidan tetapi karena tingginya tingkat polusi sehingga perlu ditambah (dari asupan luar, red)," imbuhnya.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini Dia Cara Keren Ngemil Sehat Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro