Powered by Blogger.
Latest News
Monday, February 13, 2017

KY : Pemilihan Ketua MA Akan Jadi Ajang Regenerasi Lembaga Peradilan

BSC Jakarta - Pemilihan ketua Mahkama Agung (MA) yang akan di laksanakan pada hari ini Selasa (14/02/2017), Komisi Yudisial (KY) berharap akan menjadi ajang regenerasi di lembaga peradilan itu.

"Pentingnya Regenerasi. pemilihan Ketua MA baru, hendaknya menjadikan momentum untuk kembali melakukan regenerasi di internal MA. Tenaga baru dan darah yang lebih segar, akan menjadi energi tersendiri bagi percepatan reformasi pada peradilan kita," kata Jubir KY Farid Wajdi

Farid mengatakan, KY sebagai lembaga pengawasan para hakim berharap pemilihan jabatan Ketua MA harus memenuhi aspirasi publik. MA harus mendengarkan kritikan dari publik dalam reformasi hukum.

"Aspirasi publik, mengenai record kepemimpinan, mengenai rapor capaian MA selama ini, serta mengenai intensi para pemantau serta pengamat di luar, apapun itu dengarkanlah dan akomodirlah," paparnya.

Farid mengatakan reformasi peradilan tidak boleh berhenti di atas kertas. Lewat pemilihan ketua yang baru inilah MA harus sanggup memenuhi rasa adil sebagaimana diharapkan pencari keadilan.

"Maka perubahan yang hakiki adalah berubahnya penilaian masyarakat kita terhadap dunia peradilan, bukan ukuran-ukuran ilmiah tapi tidak pernah menyentuh persoalan mendasar," sebut Farid.

MA akan segera menggelar pemilihan ketua yang baru hari ini sekitar pukul 10.00 WIB, di Gedung MA, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Seluruh hakim agung berpeluang menjadi ketua termasuk Hatta Ali yang saat ini menjabat sebagai Ketua MA.

Sementara Hatta Ali berpeluang menjadi Ketua MA di periode kedua karena masa pensiunnya masih 3 tahun lagi.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: KY : Pemilihan Ketua MA Akan Jadi Ajang Regenerasi Lembaga Peradilan Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro