Powered by Blogger.
Latest News
Sunday, February 19, 2017

Pemimpin 3 Negara Gelar Rapat Rahasia

Washington DC - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu melakukan pertemuan rahasia dengan petinggi Mesir dan Yordania pada tahun lalu. Apa yang dibahas mereka?

Dilansir Reuters mengutip dari harian Haaretz, Senin (20/2/2017), pertemuan ketiganya membahas soal upaya gagal yang dilakukan pemerintahan Obama tentang perdamaian Israel dan Palestina. Pertemuan tersebut berlangsung pada 21 Februari 2016 di resor Laut Merah Aqaba. 

Hadir dalam pertemuan tersebut yakni Presiden Mesir Abdel Fattah Al-Sisi, Raja Yordania Abdullah dan Sekretaris AS John Kerry. Presiden Palestina Mahmoud Abbas tidak menghadiri pertemuan tersebut melainkan mendapat perbaruan informasi dari Kerry. 

Namun, harian Hareetz dalam laporannya menyebut, upaya untuk mengejar perdamaian dengan Palestina akhirnya gagal sebab Netanyahu menarik dukungannya. 

Atas laporan tersebut, juru bicara Netanyahu menolak untuk mengomentari lebih lanjut terkait pertemuan tersebut. Sementara dari pihak Abdel Fattah Al-Sisi menyebut bahwa informasi terkait pembahasan dalam pertemuan itu adalah salah. Meski pihak Sisi tidak menyangkal adanya pertemuan. 

Sedangkan pihak Raja Yordania tidak memberikan tanggapan. 

Soal perdamaian Israel-Palestina dibahas dalam pertemuan Netanyahu dengan Presiden AS Donald Trump di Gedung Putih, Rabu (15/2) lalu. Netanyahu mengatakan adanya kemungkinan pendekatan regional untuk melakukan perdamaian. 

Trump dalam jumpa persnya juga menyatakan solusi konflik Israel dan Palestina tidak dengan sendirinya berwujud solusi dua negara. Hal itu berarti tidak perlu ada negara Palestina.

"Saya terus mengkaji tentang (solusi) dua negara dan satu negara. Dan saya suka (pada solusi) yang kedua belah pihak suka. Saya akan sangat senang dengan salah satu pilihan yang kedua belah pihak suka. Saya bisa menerima apa pun pilihannya. Awalnya saya pikir solusi dua negara tampak seperti lebih mudah diterima kedua belah pihak," kata Trump.

Israel telah mengesahkan pembangunan ribuan rumah-rumah baru di pemukiman Tepi Barat dan Yerusalem Timur sejak Trump menjabat bulan lalu.

Pemerintah Israel mengharapkan hubungan yang lebih baik dengan Gedung Putih setelah delapan tahun terlibat dalam ketegangan dengan pemerintahan Obama.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemimpin 3 Negara Gelar Rapat Rahasia Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro