Powered by Blogger.
Latest News
Friday, February 17, 2017

Rencana Penghapusan Perpanjangan Ijin Disambut Baik Para Pengusaha

BSC Jakarta - Rencana pemerintah menghapus perpanjangan Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP) disambut gembira pengusaha. Namun, pengusaha berharap, pemerintah juga menghapus aturan perpanjangan izin lainnya.

Contohnya, Izin Usaha Pusat Perbelanjaan (IUPP) yang diperpanjang setiap 5 tahun. Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Stefanus Ridwan, seharusnya tak perlu ada perpanjangan karena kalau mal sudah berjalan dan namanya tidak berubah.

Berbeda jika yang diperpanjang itu izin layak fungsi gedung, karena soal keselamatan harus diperbaharui.

"Surat layak fungsi yang 5 tahun sekali perlu, gedungnya masih bisa digunakan, layak tidak, peralatan pemadamnya masih oke tidak, keamanannya juga, bangunanya masih tetap layak digunakan tidak jangan sudah bocor, bobrok, mau rubuh," tutur Stefanus Ridwan Kamis (17/2/2017).

Selain itu, menurut Stefanus, yang tidak perlu diperpanjang adalah Izin Domisili Perusahaan. Alasannya, lokasi tempat usaha tidak berubah maka tidak perlu lagi perpanjangan, kecuali jika usaha tersebut pindah lokasi atau bisnisnya berubah.

"Izin domisili ada di kelurahan, kecamatan, sebenarnya dihilangkan saja, yang pertama perlu, kalau misal sudah sekali tidak perlu lagi, kecuali dia pindah atau bisnisnya berubah," kata Stefanus.

Selanjutnya, yang tidak perlu diperpanjang adalah izin penangkal petir. Stefanus menambahkan, perpanjangan izin hanya merepotkan pengusaha karena harus mengurus lagi surat-surat.

"Saya tahu itu diperpanjang mesti teken terus aduh teken lagi teken lagi. Sekali saja sudah cukup," tegas Stefanus.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Rencana Penghapusan Perpanjangan Ijin Disambut Baik Para Pengusaha Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro