Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, February 22, 2017

Sistem Demokrasi Kebablasan, Parpol Diminta Berperan Ciptakan Demokrasi Yang Beradab

BSC Jakarta - Presiden Joko Widodo mengatakan kondisi demokrasi di Indonesia terlalu bebas dan kebablasan. Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Syamsudin Haris mengatakan saat ini tengah terjadi penyalahgunaan kebebasan.

"Saat ini tengah berlangsung penyalahgunaan kebebasan. Kita tahu demokrasi itu menjamin kebebasan berpendapat, berserikat dan sipil. Hanya saja kebebasan tersebut itu disalahgunakan untuk memaksakan kehendak ketika menyatakan ekspresi politiknya seperti demo atau unjuk rasa," kata Syamsudin dalam perbincangan, Rabu (22/2/2017) malam.

Peneliti senior pada Pusat Penelitian Politik (P2P) LIPI itu mengatakan bahwa demokrasi memberikan jaminan hak warga sipil, termasuk kebebasan. Namun, satu sisi warga juga mesti memikirkan kewajiban. Menurutnya, saat ini wujud kebebasan yang kebablasan juga dapat ditemui di dunia media sosial.

"Kebebasan itu hak, tapi dalam sistem demokrasi, kita punya kewajiban. Jangan sampai kebebasan itu merugikan orang lain. Penyelahgunaan itu juga dapat kita lihat dalam interaksi di semua tingkat itu sudah tidak etis dengan saling hina, hujat dan ancam. Itu kan dapat kita ikuti di medsos," ucapnya.

Ia menambahkan, dalam situasi seperti ini, keterlibatan partai politik (parpol) juga tidak dapat dilepaskan. Parpol harus memberikan pendidikan politik kepada masyarakat agar sadar akan kewajiban mereka.

"Salah satu tanggung jawab parpol itu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat luas. Mereka harus membentuk kesadaran, agar masyarakat juga punya kesadaran untuk menjalankan kewajibannya sebagai masyarakat politik yang baik," ujar Syamsudin.

Menurutnya, juga parpol dapat menjadi sarana penampung dan penyalur aspirasi masyarakat. Dengan cara itu, parpol dapat sebagai penyambung aspirasi masyarakat dengan pemerintah.

"Demokrasi adalah sistem paling beradab. Makanya aksi aspirasi kepentingan publik disampaikan melaui di parlemen di tingkat pusat atau bawah. Kalau parpol atau parlemen tidak baik, jangan pilih lagi. Kalau demokrasi kan sepeti itu. Memang parpol mengecewakan tapi bagaimanapun kita mendesak parpol dan parlemen untuk ikut serta menciptakan demokrasi yang beradab," tuturnya.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Sistem Demokrasi Kebablasan, Parpol Diminta Berperan Ciptakan Demokrasi Yang Beradab Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro