Powered by Blogger.
Latest News
Monday, February 20, 2017

Soal Kasus Jong-Nam, RI Siap Bantu Malaysia

BSC Jakarta - Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie mengatakan siap membantu kepolisian Malaysia dalam menelusuri tersangka lain dalam pembunuhan Kim Jong-Nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un. Imigrasi sejauh ini telah mendeteksi 3 tersangka yang sempat mendarat di Bandara Soekarno-Hatta sebelum terbang lagi ke negara lain.

"Informasi data itu kan harus kita dukung karena untuk pembuktian," ujar Ronny di kantor Kementerian Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (20/2/2017).

Meski demikian, Ronny menyebut informasi yang dimilikinya telah diteruskan ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI. Dia menyebut penyampaian informasi itu satu pintu melalui Kemenlu RI.

"Kita sudah punya, tapi kan tadi sudah saya sampaikan bahwa informasi satu pintu itu penting untuk menghargai proses pemeriksaan dan penyelidikan di Malaysia, biar tidak liar," kata Ronny.

Sebelumnya, Kabag Humas dan Umum Ditjen Imigrasi Agung Sampurno menyampaikan data keberangkatan 4 WN Korut yang tengah dicari kepolisian Malaysia. Agung menyebut 3 dari 4 WN Korut itu sempat tiba di Jakarta sebelum pergi ke Dubai. Sedangkan seorang lainnya belum diketahui keberadaannya meski pernah ke Indonesia pada Januari 2017.

Tiga WN Korut yang dimaksud atas nama Rhi Ji-Hyon (33), Hong Song-Hac (34), dan Ri Jae-Nam (57). Pada hari yang sama dengan insiden di Malaysia, yaitu 13 Februari, ketiganya tiba di Jakarta dan langsung berangkat ke Dubai menggunakan maskapai Emirates Flight EK0359 pada pukul 22.20 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta.

Sedangkan seorang lainnya yang diburu, yaitu O Jong-Gil (55), terakhir kali tercatat berada di Indonesia pada 19 Januari 2017. Saat itu, Jong-Gil terbang ke Bangkok pada pukul 11.26 WIB dari Bandara Soekarno-Hatta menggunakan maskapai Thai Airways TG434.

Dalam jumpa pers di markas Polisi Diraja Malaysia (PDRM), Deputi Kepolisian Diraja Malaysia Inspektur Jenderal Datuk Seri Noor Rashid Ibrahim mengatakan ada 4 tersangka pembunuh Jong-Nam yang langsung meninggalkan Malaysia, tepat pada hari yang sama setelah insiden. Empat tersangka pembunuh Jong-Nam tersebut merupakan WN Korut dengan nama yang sama seperti disebut di atas.

Namun Ibrahim tidak menyebutkan ke mana 4 tersangka itu kabur. Belakangan diketahui, 3 di antaranya sempat transit di Jakarta untuk menuju Dubai, sedangkan seorang lagi tidak diketahui pasti ke mana perginya.

Sejauh ini, empat orang telah ditangkap terkait dengan kasus ini, yakni seorang wanita Vietnam bernama Doan Thi Huong (28), seorang wanita Indonesia bernama Siti Aisyah (25), seorang pria Korut bernama Ri Jong-Chol (47), dan seorang pria Malaysia bernama Muhammad Farid Jalaluddin (26).(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Soal Kasus Jong-Nam, RI Siap Bantu Malaysia Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro