Powered by Blogger.
Latest News
Monday, March 27, 2017

20% Penduduk Indonasia Tak Mampu Miliki Rumah, Urbanisasi Harus Dikendalikan

BSC Jakarta - Indonesia masih terdapat 20% penduduk yang tidak mampu sama sekali untuk memiliki rumah, dan dari total penduduk Indonesia hanya sekitar 40% yang mampu memiliki rumah sendiri tanpa bantuan dari pemerintah. Sementara sisanya, sebesar 40% mampu membeli rumah namun perlu adanya bantuan pemerintah berupa subsidi.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pengendalian urbanisasi bisa menjadi jawaban atas 20% masyarakat Indonesia yang sama sekali tidak mampu memiliki rumah tersebut.

"Urbanisasi yang terorganisir itu tidak hanya untuk kenyamanan masyarakat tetapi secara ekonomis juga sangat make a sense untuk memenuhi fasilitas umum dan infrastruktur dasar, dan lainnya," ungkapnya dalam acara Investor Gathering SMF 2017 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (27/3/2017).

Dengan adanya pengendalian urbanisasi, kepadatan masyarakat di kawasan kota bisa diatasi. Bila tak dikendalikan, maka kawasan perkotaan akan semakin padat dan akan sulit dikembangkan. Penyediaan pemukiman layak pun akan semakin sulit dilakukan. Karena untuk melakukan penataan, perlu ada kawasan yang bisa dimanfaatkan untuk menampung sementara masyarakat yang akan ditata.

Apalagi jika tidak di atur, sambung dia, maka 20% masyarakat tersebut selamanya tak akan memiliki rumah dan hanya hanya akan menciptakan kawasan-kawasan kumuh di sela-sela kota.

"Karena mereka tidak akan beli dan tidak ada upaya, sehingga wajah perkotaan di Indonesia menjadi mustahil menjadi perkotaan yang baik, yang nyaman, indah, yang merupakan manusiawi, yang bisa memberikan tempat sesuai dengan cita-cita kemerdekaan kita, yang adil dan beradab, dan makmur, itu pesan konstitusi yang hari ini semakin relevan kalau tidak melakukannya," tandas dia.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 20% Penduduk Indonasia Tak Mampu Miliki Rumah, Urbanisasi Harus Dikendalikan Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro