Powered by Blogger.
Latest News
Friday, March 24, 2017

Culik Organ Tubuh Anak Untuk Dijual Itu Hoax, Komnas Anak Berharap Tetap Waspada

BSC Jakarta - Polisi dengan tegas mengatakan jika isu penjualan organ tubuh korban penculikan itu kabar tidak benar atau hoax. Namun, Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas Anak) berharap tetap waspada karena penjualan organ tubuh sudah terbukti di beberapa negara pada 5 tahun yang lalu.

"Itu sudah ada laporan. 5 tahun yang lalu, sempat menjadi isu internasional. Bank organnya ada di negara Jepang," kata Ketua Umum Komnas Anak, Arist Merdeka Sirait di Kantor Komnas Anak, Pasar Rebo, Jakarta Timur, Jumat (24/3/2017).

Arist menyebut negara-negara yang telah terbukti tersebut antara lain Bangladesh, Nepal, India dan Myanmar. Sehingga menurutnya tidak menutup kemungkinan para sindikat tersebut mengincar negara Indonesia.

"Sangat dimungkinkan sehingga ini perlu diwaspadai. Untuk itu masyarakat juga perlu waspada. Tapi jangan sampai juga menjadi paranoid," tuturnya.

Pihak Konmas Anak hingga saat ini belum menemukan bukti jika di Indonesia terjadi kasus tersebut. Karena menurut Arist kejahatan penjualan organ tubuh biasa dilakukan kalangan profesional sehingga sulit dibongkar.

"Belum ada temuan. Tapi saya harap polisi bisa ungkap, karena polisi yang punya otoritas dengan kewenangannya. Supaya para predator yang memang punya niatan seperti itu tidak lagi leluasa. Sebab kewaspadaan itu penting. Dan saya harap memang tidak terjadi," ucapnya. (*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Culik Organ Tubuh Anak Untuk Dijual Itu Hoax, Komnas Anak Berharap Tetap Waspada Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro