Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, March 8, 2017

DPR Dicap Yang Paling Korup

BSC Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) menilai survei Transparency International Indonesia (TII) sebagai bahan untuk introspeksi. Survei menyatakan DPR sebagai lembaga terkorup menurut persepsi warga RI.

"Kalau persepsi kan susah juga membenarkan. Kan belum tentu dibenarkan berdasarkan fakta, kalau masyarakat menganggap sepertinya itu ya kita terima. Itu dijadikan cambuk, bahan untuk introspeksi," ujar sekretaris F-PAN DPR Yandri Susanto saat dihubungi, Rabu (8/3/2017).

Yandri mengatakan hanya segelintir anggota DPR yang terlibat korupsi saat ini. Menurutnya, masih banyak anggota DPR yang berintegritas.

"Mungkin masyarakat melihat dari 560 tidak sampai 10 persen. Periode sekarang tidak sampai 10 orang. Kalau satu orang terlibat langsung digeneralisir, kalau mau fair lihat berapa orang yang baik, masih lebih banyak," tegas Yandri.

Secara umum, Yandri menghargai penilaian masyarakat. Hasil survei dapat menjadi pegangan DPR ke depan untuk semakin berbenah diri.

"Kami hargai persepsi seperti itu. Sekali lagi itu sebagai bahan atau pegangan agar ke depan DPR merupakan terjemahan sebagai wakil rakyat. Di harapkan juga ke depan masyarakat tidak generalisir keburukan seseorang," tutupnya.

Survei oleh Global Corruption Barometer (GCB) yang disusun TII itu memperlihatkan 65% masyarakat Indonesia menganggap level korupsi meningkat dalam 12 bulan terakhir.

Hasilnya menunjukkan sebagian besar masyarakat menempatkan DPR di peringkat pertama lembaga negara yang dianggap korup, diikuti birokrasi pemerintah, dan DPRD.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: DPR Dicap Yang Paling Korup Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro