Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, March 29, 2017

Investasikan 34,5 T, Presiden Prancis Bawa 40 Pengusaha Ke Indonesia

BSC Jakarta - Kedatangan presiden Prancis Francois Hollande bersama 40 pengusaha di Indonesia, disambut baik presiden Joko Widodo.

Jokowi mengatakan, suatu kehormatan bagi Indonesia bisa menerima kunjungan Presiden Prancis setelah 31 tahun terakhir.

"Merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk menerima kunjungan yang mulia Presiden Prancis. Kunjungan ini merupakan kunjungan bersejarah setelah hampir 31 tahun tidak pernah ada kunjungan seorang Presiden Prancis ke Indonesia," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Jokowi mengatakan, dalam kunjungan Presiden Hollande juga dilakukan pertemuan billateral. Penguatan kerja sama antara kedua negara dibahas dalam pertemuan tersebut.

"Baru saja saya melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Hollande dan kami sepakat untuk memperkuat komitmen kedua negara dalam meningkatkan hubungan baik. Indonesia dan Prancis memiliki hubungan kerja sama strategis yang sangat baik. Termasuk di bidang ekonomi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, Hollande membawa 40 pengusaha dan komitmen investasi senilai US$ 2,6 miliar atau sekitar Rp 34,5 triliun (US$ 1 = Rp 13.300).

"Saya juga menghargai kunjungan Presiden Hollande kali ini disertai sekitar 40 pengusaha dan saya menyambut baik komitmen baru investasi pengusaha Perancis sekitar US$ 2,6 miliar untuk meningkatkan kerja sama di bidang energi, di bidang infrastruktur dan di bidang retail," terang Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengatakan Indonesia mengapresiasi sikap Prancis yang melawan tindakan diskriminatif terhadap produk kelapa sawit Indonesia.

"Dan saya juga telah menjelaskan bahwa isu sustainability bagi kelapa sawit merupakan prioritas bagi Indonesia," kata Jokowi.

"Indonesia juga menyampaikan usulan agar pola kerja sama yang sudah terjalin untuk produk kayu, melalui lisensi FLEGT juga dapat dilakukan untuk produk kelapa sawit Indonesia," tambah Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, Indonesia menyambut baik fokus baru dalam hubungan bilateral kedua negara, yaitu kerjasama maritim dan kerjasama di bidang ekonomi kreatif. Dikatakan Jokowi, Indonesia telah meminta kerjasama dalam memerangi IEU Fishing termasuk menjadikan IEU Fishing sebagai Transnational Organized Crime.

"Di bidang ekonomi kreatif, kerja sama di bidang sinematografis, perfilman, fashion dan ekonomi digital juga akan terus dikembangkan," kata Jokowi.

Kedua negara menutup pertemuan billateral tersebut dengan melakukan penandatanganan nota kesepakatan bersama (MoU). Ada 5 MoU yang diteken dalam pertemuan ini.

"Saya menyambut baik dengan ditandatanganinya 5 MoU kerjasama, yakni di bidang pembangunan urban berkelanjutan, di bidang pariwisata, di bidang pertahanan, di bidang ilmu pengetahuan dan penelitian serta pertukaran tenaga peneliti," pungkas Jokowi.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Investasikan 34,5 T, Presiden Prancis Bawa 40 Pengusaha Ke Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro