Powered by Blogger.
Latest News
Monday, March 20, 2017

JK : Palang Merah Minta Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Atasi Masaalah Kemanusiaan

BSC Jakarta - Presiden Komite Internasional Palang Merah (International Committee of the Red Cross/ICRC) Peter Maurer dan rombongan menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla. Maksud kedatangan ICRC salah satunya untuk meningkatkan kerja sama dalam mengatasi konflik di kawasan Asia Tenggara.

"Ini ICRC bukan komite, jadi seperti ada dua. Federasi itu lebih banyak tentang kemanusiaan. Jadi kalau ada bencana, ada masalah. Kalau ini, kalau ada perang, ada konfliknya dan itu secara aktif di Timur Tengah," kata JK usai pertemuan di kantor Wapres, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2017).

"Dia minta Indonesia untuk meningkatkan kerja sama untuk mengatasi masalah-masalah kemanusiaan dalam konflik, khususnya di Asia Tenggara, di India, Myanmar, di Thailand, di Filipina," jelasnya.

JK melanjutkan, keduanya juga membahas mengenai persiapan-persiapan jika ada masalah terkait kemanusiaan.

"Selain juga bagaimana menangani persiapan-persiapan untuk bagaimana kalau terjadi masalah. Harus ada pendidikannya, harus apa tentang hukum Humanitarian Internasional," lanjutnya.

Presiden ICRC Peter Maurer menambahkan, kerja sama Indonesia dan ICRC sudah berjalan sangat kuat sejauh ini. Ke depan, kerja sama tersebut akan sangat mungkin untuk terus dikembangkan.

"Banyak kesempatan untuk bekerja sama. Indonesia partner penting untuk menolong dan belajar, kita berdiskusi mengenai hukum humanitarian juga," tutur Maurer.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: JK : Palang Merah Minta Indonesia Tingkatkan Kerja Sama Atasi Masaalah Kemanusiaan Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro