Powered by Blogger.
Latest News
Monday, March 6, 2017

Kementan Buktikan Ada Kartel Cabe Merah

BSC Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menyebut ada kartel yang bermain sehingga harga cabai rawit merah melonjak. Apa indikasi terjadinya kartel itu?

"Saya melihat ada indikasi yang sedikit aneh. Pertama, kok secara bersama ada enam perusahaan beli order kepada pengepul besar seharga Rp 180.000/kg. Itu kan jadi menarik, tidak salah pedagang itu tidak salah. Yang salah itu kalau ada mufakat bersama," kata Spudnik, di kantornya, Senin (6/3/2017).

Spudnik menjelaskan,sejak awal Januari lalu harga cabai rawit merah tidak kunjung turun. Padahal, pasokan di beberapa pasar induk seperti Pasar Induk Tanah Tinggi, Pasar Induk Cibitung, stabil di angka 40 ton per hari.

"Harga ini tidak turun walau pasokannya sudah bertambah. Cibitung dan Tanah Tinggi itu pasokan stabil 40 ton per hari. Yang menarik kenapa Kramat Jati rendah padahal jadi pusat sentral pasokan," ujarnya.

Ia menegaskan naiknya harga tersebut bukan karena penimbunan cabai. Namun, karena adanya kesepakatan untuk menjaga harga di tingkat tinggi.

"Ini bukan menimbun, tapi sepakat untuk menjaga harga tinggi, sehingga hari ini pun susah," kata Spudnik.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kementan Buktikan Ada Kartel Cabe Merah Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro