Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, March 22, 2017

Lapar Bisa Bikin Gampang Marah

BSC Jakarta - Kalau perut sedang lapar, pikiran jadi sulit fokus dan mudah terpicu amarah. Apakah hal tersebut hanya imajinasi saja? Menurut peneliti ternyata memang ada kaitannya antara lapar dengan emosi.

Bagaimana hal tersebut terjadi dijelaskan bisa karena dua sebab yaitu ketidakseimbangan gula darah dan pengaruh hormon otak. 

Ketika seseorang kelaparan maka kadar glukosa (gula) di dalam darah akan berkurang membuat tubuh kekurangan energi. Nah pada otak, kekurangan energi ini menyebabkan bagian yang mengontrol emosi dan temperamen menjadi lebih tidak efektif.

Studi pada tahun 2014 oleh para peneliti di Ohio University membuktikannya dengan melakukan eksperimen pada 107 pasangan menikah. Para responden diminta untuk berkompetisi satu sama lain dengan pemenangnya diberikan boneka yang merepresentasikan pasangan. 

Responden yang memenangkan kompetisi lalu diminta untuk menusukkan jarum dan memaparkan suara keras lewat headphone untuk mengukur dorongan agresif mereka. Hasilnya mereka dengan gula darah rendah memberikan siksaan yang lebih banyak pada boneka.

Simon Oxenham dari New Scientist lebih jauh menjelaskan bahwa hormon juga berpengaruh membuat seseorang lebih mudah marah saat lapar. Ada hormon stres seperti kortisol dan adrenaline, serta senyawa kimia bernama neuropeptide Y yang diketahui bisa mendorong perilaku agresif.

"Ada bukti bahwa ini adalah fenomena yang nyata. Fenomena yang bisa memengaruhi hubungan sosial dan pekerjaan Anda," kata Simon seperti dikutip dari New Scientist, Rabu (22/4/2017).(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Lapar Bisa Bikin Gampang Marah Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro