Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, March 21, 2017

Luhut Minta Menteri PUPR Perbaiki Jembatan

BSC Jakarta - Di sela kunjungannya ke Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Panjaitan sempat meninjau Jembatan Ploso. Prihatin dengan kondisi jembatan penghubung antar kota itu, Luhut langsung menelepon Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, untuk perbaikan.

Luhut mengawali kunjungan kerjanya di Kabupaten Jombang ke Pondok Pesantren Majma'al Bahrain Shiddiyah di Desa Losari, Kecamatan Ploso, Selasa (21/3/2017). Menko Kemaritiman ini melakukan pertemuan secara tertutup dengan Pengasuh Ponpes Kiai Muchammad Muchtar selama hampir satu jam.

Luhut lantas melanjutkan kunjungan bernuansa silaturahmi itu ke Ponpes Mambaul Maarif, Denanyar, Jombang. Namun, di tengah perjalanan, iring-iringan kendaraan luhut yang didampingi Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, dan Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, berhenti di tengah Jembatan Ploso.

"Kondisi kekuatan jembatan sudah menurun dari maksimal 8 ton kini hanya sekitar 6 ton ini perlu segera pembenahan fisik," kata Luhut kepada wartawan.

Prihatin dengan kondisi Jembatan Ploso, Luhut langsung menelepon Menteri PUPR. Dia meminta Kementerian PUPR segera melakukan perbaikan.

"Saya tadi juga menelpon Pak Basuki. Saya sampaikan Jembatan Ploso harus segera ada penanganan fisik. Mengingat jembatan juga sebagai akses utama warga dan juga untuk kepentingan investor yang kendaraannya lalu lalang membawa barang di jalur itu," terangnya.

Jembatan Ploso menjadi akses utama dari Lamongan dan Mojokerto menuju ke Jombang. Jembatan yang melintas di atas Sungai Brantas ini dalam kondisi keropos. Pembangunan jembatan baru di sisi utara Jembatan Ploso jalan di tempat karena terkendala pembebasan lahan.

Sementara Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko, menuturkan pembebasan lahan untuk jembatan baru oleh Pemkab Jombang, telah tuntas.

"Ini tadi juga meninjau jembatan bersama pak Menko Kemaritiman. Beliau juga memastikan ke bapak Menteri PUPR apakah tahun ini bisa dimulai atau belum proses pembangun jembatan. Untuk tanah sudah siap," tandasnya.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Luhut Minta Menteri PUPR Perbaiki Jembatan Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro