Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, March 28, 2017

Pola Asuh Anak Yang Salah Dapat Memicu Masaalah Kejiwaan Anak

BSC Jakarta - Mengasuh anak adalah tugas wajib bagi semua orang tua. Namun pola mengasuh anak perlu menjadi perhatian bagi semua orang tua, dan menghindari pola asuh yang dapat mempengaruhi serta memicu masaalah kejiwaan anak.

Alexandra Gabriella MPsi Psi CHt mengatakan, pola asuh yang dimaksud adalah pola asuh dari keluarga yang memiliki prinsip otoriter atau pengalaman melakukan kekerasan. Sebab hal tersebut bisa memicu anak stres dan mengalami masalah dengan kejiwaannya di kemudian hari.

"Kekerasan bukan hanya fisik tapi juga verbal ya. Atau misalnya mengabaikan seperti orang tua yang berpikir 'terserah lu mau ngapain gue nggak peduli' saja, anak dapat merasa dia nggak berharga dan akhirnya stres," kata Alexa.

Namun, Alexa melanjutkan, tidak semua anak yang memiliki orang tua dengan prinsip pola asuh seperti itu dapat mengalami gangguan kejiwaan. Pasalnya, gangguan kejiwaan pada dasarnya dipengaruhi pula oleh faktor genetik yang berperan sebesar 50-60 persen. 

"Faktor genetik itu cikal bakalnya. Jadi berdasarkan penerimaan setiap anaknya, mungkin anak A yang memiliki orang tua seperti itu akan normal-normal saja, mungkin anak B malah jadi orang tua yang baik, mungkin anak C jadi bipolar," sambung wanita yang praktik di Global Center Consulting Physchology ini.

Risiko gangguan jiwa akibat penerapan pola asuh otoriter yang dapat dialami anak pun bermacam-macam, seperti skizofrenia, bipolar hingga gangguan kepribadian. Oleh karena itu, Alexa mengingatkan orang tua untuk mencegah anak merasa stres di masa tumbuh kembangnya.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pola Asuh Anak Yang Salah Dapat Memicu Masaalah Kejiwaan Anak Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro