Powered by Blogger.
Latest News
Monday, March 13, 2017

Ridwan Kamil : Mengisi SPT Online Cuma Seratus Detik

BSC Jakarta - Kantor Pelayanan Pajak Pratama Cibeunying Kota Bandung melakukan sosialisasi e-filling kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kota Bandung. Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Bandung Ridwan Kamil juga mengisi Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) elektronik atau E-Filling.

"Tadi saya simbolis mengisi SPT elektronik dengan e-filling. Sangat mudah, ada nomor wajib pajak dan passwordnya. Saya hitung prosesnya hanya 100 detik, kurang dari 2 menit selesai," ujar pria yang karib disapa Emil itu di Auditorium Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Senin (13/3/2017).

Pria yang karib disapa Emil itu juga meminta kepada seluruh wajib pajak di Kota Bandung untuk membayar kewajibannya.

"Saya mengimbau seluruh warga Bandung untuk segera menyampaikan SPT Tahunan dan membayar kewajibannya. Saya sudah menunjukkan bahwa di Kota Bandung itu pajaknya kerasa," ucap Emil.

Hasil uang pajak di Kota Bandung, lanjut Emil, sudah diwujudkan dalam bentuk infrastruktur dan program-program pemerintahan.

"Taman taman dibanyakin, jalan sudah sudah 90 persen mulus, kemudian juga trotoar juga diperlebar, pelayanan kesehatan dan pendidikan gratis untuk warga miskin. Dan tidak lagi diragukan karena datang dari uang pajak masyarakat," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Pajak Pratama Cibeunying Andi Setiawan mengatakan, pihaknya melakukan sosialisasi tentang pengisian SPT Tahunan melalui e-filling di lingkungan Pemerintah Kota Bandung. Sekaligus Penyampaian SPT Tahunan PPh Orang Pribadi dengan E-Filling oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial dan Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto.

"Ini menunjukan dukungan Bapak Wali Kota melalui institusi kami sebagai upaya meningkatkan kepatuhan wajib pajak," ujar Andi.

Menurut Andi, pembayaran SPT tahunan melalui E-Filling tersebut selain memberikan kemudahan juga menghemat waktu dan biaya.

"E-filling itu paperless. Bayangkan satu lembar SPT minimal 3 kertas. Bayangkan se-Indonesia menghemat kertas," kata Andi.

KPP Pratama Cibeunying sendiri membawahi 6 Kemacatan dari 30 Kecamatan. Ada 1.628 ribu wajib pajak. Wajib SPT 66 ribu. Sudah lapor SPT 54 ribu atau sekitar 72 persen.

"Ada kenaikan rata-rata per tahun sekitar 10 persen," terang Andi.

Jumlah wajib pajak di Kota Bandung sendiri yang terdaftar berjumlah 7.500 ribu tetapi yang menyampaikan SPT sekitar 600 ribu, namun yang membayar pajaknya hanya 6 persen dari jumlah yang menyampaikan SPT jadi sekitar 360 ribu. Jadi sebanyak 40 persen dari masyarakat Kota Bandung masih ada yang kurang disiplin membayar pajak.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ridwan Kamil : Mengisi SPT Online Cuma Seratus Detik Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro