Powered by Blogger.
Latest News
Sunday, March 26, 2017

Tax Amnesty Akan Barakhir 31 Maret, Wajib Pajak Tak Bisa Sembunyi

BSC Jakarta - Periode akhir tax amnestyatau pengampunan pajak akan segera berkahir, yaitu pada 31 Maret. Nantinya, Indonesia juga akan membuka pertukaran informasi otomatis bidang perpajakan dengan negara lain (automatic exchange of information/AEoI) yang rencananya terimplementasi 2018. 

Jika itu terjadi, maka nantinya wajib pajak tidak bisa menyembunyikan dananya yang tersimpan di luar negeri demi menghindar otoritas pajak dalam negeri. Hal itu karena setelah ada AEoI ini pemerintah akan mendapatkan akses keterbukaan informasi pajak dari negara lain.

"Sebetulnya kan gini tanpa urusan tax amnesty juga automatic exchange of information atau keterbukaan informasi perpajakan pemerintah lagi usahakan. Tax amnesty juga masih buka, silahkan, kalau terlambat nanti juga kita kan tau karena kita juga punya reformasi perpajakan," kata Darmin, di Galeri Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (26/3/2017).

Ia mengatakan, jika sudah ada AEoI nantinya para wajib pajak yang masih menyembunyikan dananya di luar negeri akan ketahuan. Bahkan dia menyebut bisa saja WP tersebut tidak bisa tidur karena khawatir ketahuan ada risiko dikenakan denda lebih besar daripada tarif saat ini. Saat ini dia sedang mempersiapkan penguatan sistem IT dan database untuk mempersiapkan AEoI tersebut.

"Dimana kita sudah membuat rencana pajak bea cukai dengan lebih tertata, tidak lagi terpisah-pisah, IT nya juga lagi dibetulkan, data yang dari semua orang itu mulai lihat secara rinci sehingga mereka yang tidak ikut tax amnesty itu malah tidak bisa tidur nanti," ujarnya(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tax Amnesty Akan Barakhir 31 Maret, Wajib Pajak Tak Bisa Sembunyi Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro