Powered by Blogger.
Latest News
Friday, April 28, 2017

Begini Cara Atasi Telinga Yang Terasa Seperti Tersumbat

BSC Jakarta - Telinga terasa tersumbat pasti membuat Anda tidak nyaman. Kadang kala, untuk mengatasinya, penggunaan cotton bud pun jadi 'andalan'. Namun, sejatinya cara ini tidak direkomendasikan.

Mayo Clinic mengungkapkan ketika telinga terasa tersumbat, berarti tabung eustachius yang terletak di antara telinga dan belakang hidup terhalang sesuatu. Akibatnya, telinga terasa seperti penuh dan ada tekanan. Bahkan, Anda bisa merasakan nyeri di telinga, pusing, dan sulit mendengar. 

Menurut pakar kesehatan Jennifer Wider, MD, penyebab telinga terasa tersumbat di antaranya pilek, masalah pada sinus, penumpukan kotoran telinga, infeksi telinga, kemudian pasca menyelam atau bepergian ke tempat yang tinggi. Wider mengatakan cotton bud sering digunakan untuk mengatasi masalah telinga tersumbat ini. Tapi, cara itu tidak disarankan.

"Kotoran telinga menjaga telinga bagian dalam dan mencegah infeksi. Saat Anda mengorek tapi justru mendorongnya sampai ke gendang telinga, ini bisa berisiko. Anda baiknya tidak memasukkan apapun ke telinga karena bisa merusak membran tympanic atau gendang telinga. Ini bisa terasa amat sakit dan bisa menyebabkan infeksi serta masalah pendengaran," tutur Joshua Russell, MD dari Legacy-GoHealth Urgent Care, dikutip dari Women's Health.

Lantas, bagaimana cara yang dianjurkan untuk mengatasi telinga yang tersumbat? Wider mengatakan Anda bisa mencoba metode valsava yakni dengan memencet hidung kemudian menghembuskan napas lewat hidung. Selain itu, Anda juga bisa menggerakkan rahang kemudian mengunyah.

"Menggerakkan rahang dan mengunyah membantu menyamakan tekanan di tabung eustachius. Metode valsava juga bisa bekerja dengan menambah tekanan. Jika tekanan pada sinus yang menyebabkan rasa tersumbat, menguap, mengunyah permen karet, dan bernapas dengan uap bisa dilakukan," tutur Wider.

Metode valsava dan menggerakkan rahang juga bisa dilakukan untuk membantu mengatasi telinga tersumbat setelah baik pesawat terbang atau menyelam. Meskipun, dikatakan Wider 'skenario'-nya berbeda di mana itu terjadi karena perbedaan tekanan di telinga dalam dan luar.

"Jika semua cara itu tidak berhasil, segera cek ke dokter. Dokter dapat memastikan apa penyebab telinga Anda yang terasa tersumbat dan bahkan membersihkan telinga Anda," ujar Russell.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Begini Cara Atasi Telinga Yang Terasa Seperti Tersumbat Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro