Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, April 11, 2017

Korut Ancam Akan Lancarkan Serangan Nuklir ke AS

BSC Korut - Media Nasional Korea Utara (Korut) memperlihatkan ancaman Korut yang akan melancarkan serangan nuklir terhadap AS, setelah kapal induk AS dikirimkan ke dekat perairan Korut. 

Ketegangan semakin memuncak di Semenanjung Korea setelah aksi militer AS terhadap pangkalan udara Suriah dilancarkan pekan lalu. Ditambah semakin meluasnya kekhawatiran negara komunis itu akan melakukan uji coba nuklir keenam dalam waktu dekat. 

Seperti dilansir Reuters, Selasa (11/4/2017), surat kabar resmi Korut,Rodong Sinmun, menyatakan negara itu sedang bersiap untuk menghadapi agresi apapun dari AS. Dalam pernyataan via kantor berita KCNAsebelumnya, Korut menyatakan siap berperang dengan AS.

"Militer kami yang revolusioner dan kuat mengawasi secara seksama setiap pergerakan dari elemen-elemen musuh, dengan penglihatan nuklir kami fokus pada pangkalan AS, tidak hanya di Korea Selatan (Korsel) dan Pasifik, tapi juga di daratan utama AS," demikian pernyataanRodong Sinmun

Menanggapi pernyataan keras Korut itu, pelaksana tugas Presiden Korsel Hwang Kyo-Ahn memperingatkan 'provokasi yang lebih besar' dari Korut. Hwang memerintahkan militer Korsel untuk meningkatkan pemantauan dan memastikan komunikasi erat dengan AS. 

"Dimungkinkan Korut menebar provokasi yang lebih besar seperti uji coba nuklir yang bertepatan dengan serangkaian perayaan, termasuk sesi Majelis Tertinggi Rakyat," sebut Hwang yang menggantikan Park Geun-Hye yang dimakzulkan terkait skandal korupsi. 

Korut menggelar sesi Majelis Tertinggi Rakyat pada Selasa (11/4), yang merupakan satu dari dua sesi tahunan di negara itu. Dalam sesi itu, penunjukan posisi penting diumumkan dan kebijakan nasional disetujui secara resmi.

Sedangkan kelahiran Kim Il-Sung yang ke-150 tahun akan diperingati Korut pada Sabtu (15/4) waktu setempat. Kim Il-Sung merupakan bapak bangsa Korut dan kakek dari pemimpin Korut saat ini, Kim Jong-Un. Parade militer akan digelar di ibu kota Pyongyang untuk memperingati hari itu. Namun diketahui juga bahwa Korut kerap menandai peringatan penting mereka dengan uji coba rudal atau nuklir, yang jelas-jelas melanggar resolusi Dewan Keamanan PBB.

Presiden Suriah Bashar al-Assad, telah mengirimkan ucapan selamat untuk peringatan kelahiran Kim Il-Sung. "Kedua negara yang bersahabat merayakan peringatan ini dan pada saat bersamaan, menggelar perang terhadap ambisi liar kekuatan besar untuk menjadikan seluruh negara subjek kebijakan mereka yang dominatif dan ekspansif," demikian pernyataan Assad seperti dikutip kantor berita Rusia, Tass.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Korut Ancam Akan Lancarkan Serangan Nuklir ke AS Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro