Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, April 18, 2017

KPU Bakar 6.943 Surat Suara Rusak

BSC Jakarta - Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta memusnahkan 6.943 surat suara bermasalah. Surat suara yang dibakar dikarenakan rusak dan yang berlebihan.

"Pemusnahan surat suara, terdiri dari surat suara yang rusak atau surat suara yang lebih seperti kita tahu bahwa pada saat KPU menerima surat suara dari percetakan itu dilakukan sortir, dan surat suara yang baik dan surat suara yang rusak, surat suara yang rusak itu juga dikumpulkan, begitu juga surat suara yang berlebih," kata Sumarno di Kantor KPU DKI Jakarta, Jl. Salemba Raya, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (18/4/17).

Sumarno menjelaskan surat suara yang dimusnahkan paling banyak di daerah Jakarta Selatan, sejumlah 3.683, yang terdiri dari 3.489 lebih dan 194 rusak. Yang paling sedikit di daerah Jakarta Pusat, sejumlah 66 surat suara, semuanya rusak.

"Surat suara yang dimusnahkan jumlahnya 790 Jakarta Timur, Jakarta Barat 1.183, Jakarta Selatan 3.683, Jakarta Utara 1.144, Jakarta Pusat 66, Kepulauan Seribu 77, Total 6.943," kata Sumarno

Surat suara yang rusak sejumlah 1592. Antara lain di Jakarta Timur sejumlah 214, Jakarta Barat 618, Jakarta Selatan 194, Jakarta Utara 499, Jakarta Pusat 66, Kepulauan Seribu 1.

Surat suara yang lebih sejumlah 5351. Antara lain di Jakarta Timur sejumlah 576, Jakarta Barat 565, Jakarta Selatan 3489, Jakarta Utara 645, Kepulauan Seribu 76. "Jakarta pusat pas, tidak ada kelebihan surat suara," kata Sumarno.

Dia menjelaskan kerusakan surat suara yang dibakar terdiri dari kesalahan cetak atau sobek. Selain itu ada surat suara yang bagus namun berlebih, itu juga dimusnahkan.

"Kemudian jenis kerusakan bervariasi ada yang potongannya tidak simetris, atau juga yang sobek, ada surat suara yang bagus, tetapi melebihi dari jumlah yang ditentukan. Kesemuanya itu dengan disaksikan oleh tim pasangan calon, Bawaslu dan diawasi kepolisian dan tim pemenangan saya kira itu," kata Sumarno.

Sementara itu untuk mengantisipasi kekurangan surat suara, KPU DKI mempersilakan pemilih untuk bergeser ke TPS yang masih ada sisa surat suara. Karena KPU DKI sudah mempersiapkan surat suara sesuai dengan jumlah DPT plus 2,5 persen.

"Kalau nanti ada pemilih tambahan yang jumlahnya besar atau banyak, akan diberlakukan antrian dan sisa pemilihnya. Yang tidak mendapatkan surat suara di TPS tersebut dipersilakan digeser ke TPS terdekat yang suaranya masih tersedia, sudah diantisipasi sedemikian rupa sudah dilakukan simulasi juga penyempurnaan data pemilih Kemarin bisa mengurangi kemungkinan pemilih DPTb, form DPTb tidak ada lagi form di putaran kedua," tutupnya.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: KPU Bakar 6.943 Surat Suara Rusak Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro