Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, April 12, 2017

MA Tuding Ada Lembaga Mengompori Terwujudnya Share Respon

BSC Jakarta - Mahkamah Agung (MA) menuding ada lembaga yang mengompori terwujudnya share responsibilty. Konsep itu diajukan Komisi Yudisial (KY) dan Ikatan Hakim Indonesia (Ikahi) menolak tegas.

"Ini seperti ada lembaga tertentu yang mengompori penelitian berujung terwujud share responsibilty," kata Suhadi dalam jumpa pers di kantor Mahkamah Agung, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu, (12/4/17).

Menurut Suhadi, jika dipisahkan antara lembaga peradilan dan organisasi administrasi finansial, maka hal tersebut sangat bertentangan dengan undang-undang

"Ini sangat bertentangan dengan UUD dan undang-undang yang ada bahwa organisasi administrasi dan badan peradilan itu berada satu atap di bawah MA sekarang ini ingin diambil supaya lebih dari satu atap lagi. Ini membahayakan," kata Suhadi menegaskan.

Sebelumnya, guru besar Universitas Sumatera Utara (USU) Prof Ningrum Natasya Sirait mengaku aneh melihat sikap MA yang menolak usulan share responsibility dengan Komisi Yudisial (KY). Ningrum menilai lembaga peradilan itu tidak ingin melakukan reformasi.

"Kalau tanya itu (MA), seperti ada mau yang disembunyikan. Seolah-olah sudah kulturan budaya, orang-orang yang tidak siap berubah," ujar Ningrum usai acara diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Selasa (11/4) kemarin(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: MA Tuding Ada Lembaga Mengompori Terwujudnya Share Respon Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro