Powered by Blogger.
Latest News
Monday, April 24, 2017

Studi Mengatakan Agar Waspada Konsumsi Biji Bunga Matahari

BSC Jakarta - Biji bunga matahari merupakan salah satu bahan makanan. Tapi studi memperingatkan untuk lebih hati-hati karena potensi yang bisa membahayakan kesehatan.

Adalah Michigan State University (MSU) yang melakukan studi pada biji bunga matahari. Peneliti menyebut toksin bisa mengontaminasi biji bunga matahari yang bisa meningkatkan risiko kanker hati.

Menurut peneliti, dalam catatannya, sering ditemukan aflatoxin. Ini merupakan toksin yang diproduksi oleh jamur Aspergillus. Jamur ini umum ditemukan menginfeksi jagung, kacang tanah, pistachio dan kacang almond.

Dalam penelitiannya, peneliti menganalisis biji-bijuan dan kue di tujuh wilayah di Tanzania dalam kurun 2014 dan 2015. Ternyata analisis menunjukkan hampir 60 persen sampel biji-bijian dan 80 persen sampel kue terkontaminasi aflatoksin. Demikian dikutip dari University Herald.

Namun demikian, 14 dan 17 persen di antara produk yang terkontaminasi aflatoksin itu masih dalam batasan aman, menurut Food and Drug Administration Amerik Serikat.

Jika terpapar bahan makanan yang mengandung aflatoksin berlebihan, ditengarai bisa membahayakan hati. Selain itu diperkirakan 25 ribu hingga 155 ribu kematian diseluruh dunia diakibatkan oleh aflatoksin.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Studi Mengatakan Agar Waspada Konsumsi Biji Bunga Matahari Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro