Powered by Blogger.
Latest News
Saturday, May 6, 2017

Aksi Solidaritas Palestina Berujung Bentrok Dengan Tentara Israel

BSC Tepi Barat - Bentrokan terjadi antara pasukan militer Israel dengan para demonstran di wilayah Tepi Barat. Puluhan demonstran Palestina terluka dalam bentrokan tersebut.

Pada Jumat (5/6) waktu setempat, aksi-aksi demo digelar di sejumlah lokasi di wilayah Tepi Barat. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap sekitar 1.600 tahanan Palestina yang melakukan aksi mogok makan.

Mogok makan massal yang dimulai sejak 17 April tersebut dimaksudkan untuk memprotes kondisi mereka di penjara-penjara Israel. Aksi mogok makan massal tersebut dipimpin oleh Marwan Barghouti (57), tokoh utama gerakan Fatah yang sangat populer di kalangan warga Palestina. 

Dilaporkan media Press TV, Sabtu (6/5/2017), setidaknya 28 demonstran mengalami luka-luka di persimpangan Beta dekat kota Nablus, ketika pasukan Israel menembakkan gas air mata dan peluru karet ke para demonstran Palestina.

Sedangkan di kota Beit Ummar, barat laut Hebron, setidaknya dua demonstran mengalami luka tembak di kaki mereka. Sejumlah demonstran Palestina lainnya terkena dampak menghirup gas air mata di kawasan Bab al-Zawiya, Hebron tengah.

Sedikitnya delapan demonstran juga terluka di desa Nabi Salih, Tepi Barat. Lima orang di antaranya terluka akibat tembakan peluru asli dan sisanya terluka akibat tembakan peluru karet. 

Dalam aksi demo di desa Nilin, pasukan Israel juga melepaskan gas air mata. Akibatnya, sejumlah demonstran mengalami kesulitan pernapasan.

Bentrokan serupa juga dilaporkan di Qalandiya, titik perlintasan utama antara Yerusalem timur dan Ramallah. Namun belum ada laporan mengenai kemungkinan adanya korban dalam insiden tersebut.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Aksi Solidaritas Palestina Berujung Bentrok Dengan Tentara Israel Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro