Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, May 31, 2017

Panglima TNI : Pancasila Adalah Ideologi Yang Harus Diimplemen

BSC Jakarta - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo meminta masyarakat untuk mengamalkan nilai-nilai dari Pancasila. Gatot ingin agar semua warga negara mengimplemantisakan Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Tadi Bapak Presiden menjelaskan dalam pidatonya mengenai sejarah lahirnya Pancasila. Ini memang sesuatu yang harus dikampanyekan. Karena bagaimana kita generasi selanjutnya kalau ditanya Pancasila kapan lahirnya tidak tahu," ujar Gatot usai upacara di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Jalan Pejambom, Jakarta Pusat, Kamis (1/6/2017).

Gatot bersyukur hari lahirnya Pancasila dijadikan hari libur nasional. Dirinya ingin agar warga dapat mengaplikasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

"Bersyukur ini dilaksanakan seperti ini, libur tapi tetap ada upacara. Ini yang benar-benar fundamental. Dan yang paling penting bagaimana mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Maka Pancasila adalah ideologi, ideologi adalah doktrin sesuai dengan strata pendidikan. Jangan sampai ini hanya sekedar wacana saja tapi juga aplikasinya," katanya.

Panglima menegaskan dengan Pancasila adalah pilar kehidupan agar bangsa harmonis. Nilai-nilai Pancasila, menurut Gatot, telah lengkap sebagai panduan hidup warga negara Indonesia.

"Pancasila harus diimplementasikan ke sehari-hari. Di Pancasila ada Ketuhanan Yang Maha Esa itu apa sih. Itukan cara berinteraksi dengan manusia. Kita menunjukkan cara berbangsa, cara berdemokrasi ada sila keempat. Sila kelima adalah untuk mencapai keadilan bagi semua," katanya.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Panglima TNI : Pancasila Adalah Ideologi Yang Harus Diimplemen Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro