Powered by Blogger.
Latest News
Thursday, June 8, 2017

Begini Cara Buat Tempe Diluar Angkasa

BSC Jakarta - Makanan tradisional Indonesia Tempe kian mendunia. Dua belas peneliti dari Yayasan Del Sumatera Utara meneliti kemungkinan pertumbuhan tempe di luar angkasa. Eksperimen itu dikirimkan ke Stasiun Antariksa Internasional atau ISS. 

Kedua belas peneliti itu adalah dua dosen Institut Teknologi Del, dua mahasiswa dan delapan pelajar SMA Unggulan Del. Dua dosen yang juga sebagai mentor itu adalah Eka Trisno Samosir dan Ari Raharja. 

Dua mahasiswa dari Institut Teknologi Del yang juga terlibat dalam penelitian yakni Theodora Mega Putri Lumban Gaol dan Putry Yosefa Siboro.

Adapun delapan pelajar dari SMA Unggulan Del adalah Afner Sirait, Arico Liberty Setiawan Sembiring, Oliver Danofan Nainggolan, Rejoel Mangasa Siagian, Matthew Addrian Silalahi, Ronaldo Simatupang, Ruth Johana Hutagalung, dan Stanley Martin Siagian. 

Mereka mengirimkan eksperimen berjudul The Fermentation of Soybeans in Microgravity Experiment atau Fermentasi Kedelai dalam Kondisi Mikrogravitasi alias pertumbuhan tempe di antariksa.Eksperimen itu dikirim ke stasiun Antariksa Internasional atau ISS.

Membuat tempe di bumi mungkin bukan hal yang sulit, tapi bagaimana jika itu dilakukan di luar angkasa?

Eka Samosir menjelaskan bahwa dalam eksperimen ini peneliti harus memikirkan cara agar biji kedelai tidak busuk selama diterbangkan ke luar angkasa. 

Apalagi eksperimen itu dikirimkan ke Amerika Serikat pada Januari lalu dan baru dikirim ke antariksa pada Minggu, 4 Juni 2017 kemarin. 

Menurut Eka, kedelai yang jadi sempel direbus lalu dikeringkan sampai level tertentu. Setelah itu ditaburi ragi dengan ketentuan yang sudah disetujui oleh NASA. Eksperimen itulah yang dikirim ke luar angkasa. 

"Kedelai direbus dan dikeringkan sampai level tertentu. Kemudian ditaburi dengan ragi yang sudah diapprove NASA dan itu 
yang kita bawa. Kita pastikan bahwa sampel tidak tumbuh selama perjalanan," kata Eka saat berbicang dengan detikcom, Kamis (8/6/2017). 

Di dalam boks penelitian tersebut juga dilengkapi dengan air. Dengan sebuah kode pemograman pada waktu tertentu nanti air akan membasahi kedelai yang telah ditaburi ragi. 

"Ada air di dalam boks yang dengan kode-kode pemograman nanti akan menjalankan air sehingga membasahi kedelai. Ragi bisa tumbuh saat kedelai dalam keadaan lembab," papar Eka. 

Menurut dia eksperimin yang dikirim ke NASA tahun ini adalah untuk kedua kalinya. Pada eksperimen sebelumnya di 2016 merek meneliti tentang pertumbuhan ragi di luar angkasa dalam kondisi near-zero graviy. 

"Sebenarnya kalau eksperimen tahun ini adalah melanjutkan eksperimen sebelumnya yakni tentang pertumbuhan ragi di luar angkasa. Setelah (pertumbuhan ragi) bisa, sekarang kami kirim biji kedelai," kata Eka saat berbincang dengan detikcom, Kamis (8/6/2017).(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Begini Cara Buat Tempe Diluar Angkasa Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro