Powered by Blogger.
Latest News
Thursday, June 22, 2017

Facebook Dapat Izin Prinsip

BSC Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) telah memberikan izin prinsip kepada Facebook yang merupakan perusahaan Over The Top (OTT). Dengan izin prinsip maka perusahaan asal Amerika ini bisa membangun badan usaha tetap (BUT) di Indonesia.

"Saya belum tahu detilnya, tetapi setahu saya Facebook sudah mendapat izin prinsip untuk mendirikan perusahaan di Indonesia, tapi harus dicek KBLI-nya yang mana, apakah dia sebagai red office seperti Twitter, apakah dia services company seperti Google Indonesia, atau apakah dia fullplay service belum tahu saya, tapi izin prinsip sudah diberikan oleh kepala BKPM," kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di Komplek Istana, Jakarta, Kamis (22/6/2017).

Sampai saat ini, Rudiantara menegaskan belum ada perusahaan Facebook di Indonesia. Jika nantinya sudah menjadi BUT, maka pemerintah Indonesia bisa mengenakan pajak seperti perusahaan umum lainnya.

"Kalau sudah berdiri di Indonesia, statusnya sudah disini, dia menjadi perusahaan yang memperdagangkan iklan di dunia maya, dia nggak perlu BUT lagi, dia perusahaan Indonesia, pajaknya berlaku pajak biasa," tegas dia.

Hanya saja, dia masih belum mengetahui, pengenaan pajaknya akan berlaku untuk pajak semenjak beroperasi di Indonesia atau bagaimana.

"Tidak tahu, tapi pajaknya berlaku pajak biasa, iya PPh," tutup dia.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Facebook Dapat Izin Prinsip Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro