Powered by Blogger.
Latest News
Monday, June 12, 2017

Jimly Ke Pengurus DKPP Baru Jangan Rusak Sistem Yang Ada

BSC Jakarta - Masa kepengurusan Jimly Asshiddiqie sebagai Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) berakhir dengan dilantiknya tujuh orang anggota DKPP periode 2017-2022 oleh Presiden, Senin (12/6). Jimly berpesan kepada pengurus DKPP yang baru agar tidak merusak sistem yang sudah dibangun selama ini.

Jimly mengatakan, ketujuh orang tersebut hari ini akan langsung mengadakan rapat pemilihan Ketua DKPP yang baru.

"Tugas kami di DKPP berakhir sehubungan dengan telah dilantiknya tujuh anggota baru. Yang tentu saja mereka akan mengadakan pemilihan siapa yang akan menjadi ketua. Hari ini, sore, kami akan mengadakan serah terima, pisah sambut," kata Jimly di Istana Negara, Jakarta, Senin (12/6/2017).

Jimly mengatakan, ketujuh orang yang dilantik presiden tersebut berasal dari berbagai unsur, yakni 1 dari KPU, 1 dari Bawaslu dan lima dari kalangan masyarakat.

"Ini orang-orang yang punya kapabilitas dan semua doktor. Tiga di antaranya profesor. Dua prof perguruan tinggi, satu prof APU di LIPI. Jadi kami optimis DKPP periode ke depan lima tahun insya Allah dia akan memelihara apa yang sudah baik dan meningkatkan apa yang masih harus ditingkatkan," katanya.

Jimly mengatakan, pemilu yang akan dihadapi ke depan, kan jauh lebih kompleks persoalannya. Karena pada 2018 nanti akan diselenggarakan pemilu serentak di daerah-daerah utama.

"Jumlahnya jauh lebih banyak, kompleks, ada daerah-daerah utama semua. Ada 17 gubernur, dan yang lebih penting lagi persiapan 2019, pemilu serentak pertama. Baik KPU, Bawaslu, DKPP menurut desain UU yang baru, ada perubahan. Mereka lebih kuat," katanya.

Jimly juga mengatakan, pada periode yang baru ini, DKPP akan memiliki sekretariat sendiri. Selain itu, Bawaslu juga akan punya status.

"Walaupun belum final di RUU tapi sudah ketok palu, itu nanti tingkat kab/kota permanen. Walhasil baik KPU, Bawaslu, DKPP akan makin kuat. Mudah-mudahan apa yang dirintis lima tahun ke depan ini bisa terus dan semakin baik lima tahun ke depan," katanya.

Untuk anggota DKPP yang baru, Jimly berpesan agar terus menjaga lembaga tersebut secara berkesinambungan. Jangan tergantung orang.

"Kita membangun negeri harus melembaga. Orang boleh ganti tapi sistem harus jalan terus. Jangan gara-gara ganti orang, sistem yang ada dirusak," imbuhnya.

Jimly juga berharap, pengurus DKPP periode 2017-2022 ini bisa fokus mempersiapkan pilkada dan pemilu.

"Tadi kami laporkan juga, semua perkara 2017 Sampai bulan Juni sudah kita putus semua sehingga tidak ada tunggakan perkara. Ini harus jadi tradisi, peralihan generasi, tidak menyisakan masalah ke depan. Sidang kami tanggal 8 kemarin, sudah kami putus, tidak ada perkara lagi kecuali kalau ada laporan dan pengaduan baru," katanya. (*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jimly Ke Pengurus DKPP Baru Jangan Rusak Sistem Yang Ada Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro