Powered by Blogger.
Latest News
Tuesday, June 6, 2017

Pilkada Serentak Jadi Alasan Penambahan Jumlah Komisioner KPU Dan Bawaslu

BSC Jakarta - Panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu sepakat menambah jumlah komisioner KPU menjadi 11 dan Bawaslu ditambah menjadi 9. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, penambahan dikarenakan adanya pemilihan umum serentak.

"Isu krusial pertama bahwa ini alasan semua fraksi di pansus ini pemilu serentak, pileg dan pilpres. Tapi juga antisipasi untuk 2024 pilkada serentak, pileg dan pilpres," kata Tjahjo kepada wartawan di kopleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Tjahjo mengatakan, berdasarkan pengalaman, Komisi II DPR kesulitan untuk bertemu dengan komisioner baik KPU maupun Bawaslu. Karena komisoner itu dibagi tugasnya ke setiap daerah seluruh Indonesia.

"Dari situ kemarin muncul opsi disepakati ditambah, yaitu 7 jadi 9 di Bawaslu, 9 jadi 11 di KPU, dengan catatan KPUD-nya dikurangi. Misalnya DKI ini sudah 5 (komisioner) tapi Pulau Seribu ini kan tidak harus 5 bisa 2. Sama juga di Papua ditambah karena tingkat kesulitan, itu sepakat," katanya.

Atas dasar tersebut, lanjut Tjahjo, semua pihak sepakat untuk menambah jumlah komisioner yang ada di lembaga tersebut.

"Kemarin dibahas juga di Panja, diusulkan supaya tidak ditambah. Sepakat semua minta (tambah). Semua fraksi minta pengalaman yang ada, ini mereka khawatir kalau 7," katanya.

Panitia khusus (Pansus) RUU Pemilu menyepakati tambahan komisioner KPU RI ditambah menjadi 11 dan Bawaslu RI ditambah menjadi 9. Calon anggota KPU RI dan Bawaslu RI yang baru akan memiliki masa jabatan 5 tahun.

"Harapannya yang 4 mengisi dalam waktu 1 tahun. Misal di KPU, masa jabatan yang 7 itu 5 tahun, kemudian yang 4 juga 5 tahun. Tapi karena rekrutmen dan pelantikannya berbeda maka dipastikan dalam satu periode 5 tahun, ada anggota KPU dan Bawaslu yang sudah berpengalaman," ujar Wakil Ketua Pansus RUU Pemilu Ahmad Riza Patria di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (5/6).(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pilkada Serentak Jadi Alasan Penambahan Jumlah Komisioner KPU Dan Bawaslu Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro