Powered by Blogger.
Latest News
Monday, July 3, 2017

Ini Tips Berhenti Boros

BSC Jakarta - Kebiasaan boros tidak hanya merugikan diri sendiri, tapi juga merugikan orang yang ada di sekeliling Anda. Namun, Anda juga sering merasakan hidup rasanya, hampa karena Anda tidak memiliki uang untuk membeli apa yang Anda inginkan karena utang kartu kredit Anda sudah menumpuk, atau kiriman uang dari orangtua belum sampai. 

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasinya? Berikut ulasannya:

1. Buat Daftar Belanja
Mulailah dengan membuat daftar belanja sebelum setiap kali Anda pergi berbelanja. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir pengeluaran. Biasanya wanita kerap lapar mata saat berbelanja, oleh karena itu dengan membuat daftar belanjaan dapat melatih kedisiplinan Anda dalam mengontrol uang.

2. Buat Tujuan Finansial Jangka Panjang
Apakah Anda sulit sekali membedakan antara kebutuhan dan keinginan? Bila ini terjadi, segera buat keputusan yang tepat untuk menghilangkan kebiasaan buruk saat berbelanja. Caranya, pilihlah sesuatu yang Anda inginkan, seperti untuk liburan, mengumpulkan dana darurat, atau keluar dari masalah utang. Jadi, saat Anda 'tergoda' untuk membeli sesuatu yang Anda 'inginkan', segera ingat tujuan finansial Anda.

Bila Anda memutuskan untuk tidak membeli apa yang Anda 'inginkan', segera masukan uang tersebut dalam rekening untuk bisa mencapai tujuan finansial Anda. Pada tahap awal, bisa jadi ini akan terasa sulit. Namun, saat Anda sudah terbiasa dan benar-benar 'mendambakan' tujuan finansial Anda, dengan berjalannya waktu semua itu bisa dilakukan dengan lebih mudah. Tentu saja, Anda perlu memotong mata rantai kebiasaan buruk saat berbelanja sebelum Anda menikmati tujuan tersebut.

3. Tegas Pada Diri Sendiri
Di awal bulan, buatlah anggaran belanja yang Anda butuhkan dalam jangka waktu sebulan. Lalu, putuskan seberapa banyak uang yang akan Anda alokasikan tiap minggu. Lalu, tariklah uang di ATM dengan jumlah yang sudah ditentukan di awal minggu dan Anda bisa berbelanja tanpa rasa bersalah. Namun ingat, saat uang Anda sudah habis, waktu Anda untuk berbelanja sudah tidak ada lagi. Dan tidak ada pengecualian.

4. Harus Bisa Membedakan Kebutuhan dan Keinginan 
Belajarlah untuk tidak menjadikan keinginan sebagai prioritas. Anda harus mendahulukan kebutuhan yang memang diperlukan. Untuk memenuhi segala keinginan hanya akan membuat Anda boros dalam mengeluarkan uang. Sebelum memutuskan untuk membeli baju, sebaiknya dilihat terlebih dahulu lemari Anda. Jangan-jangan masih ada baju baru yang belum sempat dipakai.

5. Beli Pakai Uang Tunai
Pakailah uang tunai saat pergi berbelanja di supermarket, pasar atau saat makan di restoran. Dengan begitu Anda akan selalu berpikir 2 kali saat membeli sesuatu. Anda hanya perlu meninggalkan kartu kredit di rumah dan membawa uang tunai secukupnya, atau dengan membawa kartu debit.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Ini Tips Berhenti Boros Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro