Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, July 26, 2017

Jokowi Tidak Mau Pengadaan Alutsista Umur Pendek

BSC Jakarta -Alat utama sistem persenjataan (Alutsista) adalah komponen penting dalam pertahanan dan keamanan. Namun tak jarang alutsista yang dimiliki negara berumur relatif pendek.

"Pengadaan alutsista harus memperhatikan pendekatan daur hidup, tidak boleh lagi Indonesia membeli misalnya pesawat tempur tanpa memperhitungkan biaya daur hidup alutsista tersebut 20 tahun ke depan," kata Jokowi saat memimpin rapat di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (26/7/2017).

Alutsista juga merupakan investasi pertahanan. Sehingga pengadaan alutsista juga harus memperhatikan perkembangan teknologi.

"Kita juga harus betul-betul menghitung dan mengantisipasi perubahan yang sangat cepat terutama dalam teknologi persenjataan yang akan mempengaruhi corak peperangan di masa yang akan datang," tutur Jokowi.

Jokowi juga tak ingin apabila pengadaan alutsista jadi lahan untuk praktik korupsi. Hal itu karena alutsista dibeli dengan uang rakyat.

"Tidak ada lagi toleransi terhadap praktik-praktik korupsi, praktik mark up, dan saya peringatkan juga bahwa alutsista ini dibeli dari uang rakyat untuk bisa digunakan untuk TNI dalam melindungi rakyat, melindungi bangsa, melindungi negara dari segala bentuk ancaman yang ada," kata Jokowi.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Jokowi Tidak Mau Pengadaan Alutsista Umur Pendek Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro