Powered by Blogger.
Latest News
Friday, July 7, 2017

Kendalikan Tembakau, Prancis Naikkan Harga Rokok

BSC Prancis - Menteri Kesehatan Prancis, Agnes Buzyn, mengatakan akan menaikkan harga jual rokok dalam waktu tiga tahun ke depan. Penaikan harga jual rokok dimaksudkan sebagai bagian dari upaya pengendalian tembakau.

Saat ini, harga sebungkus rokok di Prancis dipatok sekitar 7 euro (sekitar Rp107.000). Rencananya, harga rokok akan dinaikkan sebesar 43 persen menjadi 10 euro (sekitar Rp153.000) per bungkus.

"Prancis termasuk negara yang lambat dalam melakukan pengendalian tembakau. Adanya kenaikan besar diharapkan dapat memiliki efek baik bagi kesehatan masyarakat," tutur Buzyn, dikutip dariReuters.

Buzyn mengatakan kebijakan menaikkan harga jual rokok ini mencontoh apa yang dilakukan pemerintah Inggris. Inggris memang diketahui sempat menaikkan harga rokok secara signifikan pada tahun 2006 lalu.

Efeknya, prevalensi perokok aktif di Inggris berkurang dari 30 persen menjadi 20 persen. Buzyn berharap kebijakan yang sama juga mampu mengurangi prevalensi perokok di Prancis yang masih di angka 30 persen.

Data dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut sekitar 1 dari 5 orang dewasa Prancis merokok. Jika dirata-rata, 19 persen orang dewasa dalam usia produktif di Prancis merupakan perokok aktif.

Pemerintahan baru di bawah kepemimpinan presiden Emmanuel Macron memang mendapat sentimen positif dari para pegiat kesehatan masyarakat. Selain menaikkan harga rokok, kebijakan lain yang dipuji adalah perpanjangan masa vaksinasi wajib, penaikkan pajak tembakau dan juga asuransi penuh bagi kesehatan gigi dan kacamata.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Kendalikan Tembakau, Prancis Naikkan Harga Rokok Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro