Powered by Blogger.
Latest News
Thursday, July 6, 2017

Pemerintah Pacu Pelunasan Hutang 28 T Ke Pertamina

BSC Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan akan mengusahakan pelunasan utang penggunaan bahan bakar minyak (BBM) yang digunakan para Tentara Negara Indonesia (TNI) serta subsidi BBM.

Dirjen Anggaran Askolani mengatakan, pelunasan utang pemerintah kepada BUMN sektor energi ini akan dimasukan pada RAPBN 2017 dengan catatan.

"Insyallah, nanti kita lihat. Bisa 2018, bisa juga kalau ada cashflow di 2017 bisa saja dicicil. Kita akan lihat semua potensi. Doain saja asal bayar pajaknya bagus," kata Askolani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Utang pemerintah kepada Pertamina khusus dari penggunaan BBM oleh TNI sekitar Rp 8 triliun. Sedangkan tunggakan subsidi BBM sebesar Rp 20 triliun atau sesuai dengan hasil audit tahun 2016.

"Tunggakan subsidi itu hanya Rp 20 triliun. Posisi audit 2016 itu Rp 20 triliun hitung-hitungan kita. Sementara yang Rp 20 triliun mungkin kita akan kita lunasi di 2018, atau kita lihat kemampuan fiskal di akhir tahun," kata dia.

Utang pemerintah terhadap Pertamina jika dijumlahkan maka totalnya Rp 28 triliun dengan rincian total utang subsidi Rp 20 triliun, dan utang pembayaran BBM yang digunakan TNI sebesar Rp 8 triliun.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemerintah Pacu Pelunasan Hutang 28 T Ke Pertamina Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro