Powered by Blogger.
Latest News
Thursday, July 6, 2017

Tanggapi HT, Prasetyo Ungkap Hasil Audit BPK

BSC Jakarta - Usai menjalani pemeriksaan di Kejaksaan Agung (Kejagung) terkait kasus Mobile8, Hary Tanoesoedibjo menyebut kasus tersebut bukanlah kasus korupsi melainkan urusan pajak. Namun Jaksa Agung M Prasetyo berkata sebaliknya.

"Hasil audit BPK juga ada, kerugian negara di sana. Di sini saya tekankan bahwa kejaksaan tidak menangani masalah pajak. Pajak urusan Ditjen Pajak. Yang ditangani Kejagung masalah korupsinya, jadi bukan pajaknya. Kita sangat tahu pajak bukan kewenangan kami, tapi kami menangani kasus korupsinya. Ada korupsi di sana," kata Prasetyo, di kantornya, Jl Sultan Hasanuddin, Jakarta Selatan, Kamis (6/7/2017).

Sementara itu, Jaksa Agung Muda bidang Pidana Khusus (Jampidsus) Arminsyah mengatakan Hary Tanoe dicecar dengan 30 pertanyaan oleh penyidik. Hary Tanoe ditanya mengenai pembelian fiktif antara perusahaan mobile8 dengan PT DNK. Hal itu karena telah ada saksi yang mengakui adanya pembelian fiktif.

"Karena menurut saksi dari Ellyana direkturnya DNK bahwa uang untuk pembelian voucher tersebut adalah pembelian yang pura-pura. Jadi seolah-olah ada transaksi padahal tidak ada. Bahkan dari perusahaan Mobile8 atau melalui perusahaan Bhakti Investama itu ada dikirim uang Rp 80 miliar. Uang tersebut modal untuk PT DNK seolah dia membeli. Nah ini yang kita dalami dan kita periksa HT (Hary Tanoe) selaku komisaris dia di mobile 8," ujar Armin.

Sementara itu, Armin menyebut akan mempelajari hasil dari pemeriksaan hari ini, Hary Tanoe belum diketahui akan dipanggil lagi atau tidak. Meski begitu tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat akan menerbitkan sprindik khusus yang menyatakan adanya tersangka.

Saat ini sprindik yang diterbitkan masih bersifat umum dan belum ada tersangkanya. Sedangkan dua orang yang pernah ditetapkan sebagai tersangka sebelumnya, Hary Djaja dan Anthony Chandra, kemungkinan akan ditetapkan sebagai tersangka kembali.

"Kemungkinan iya karena mereka memang yang terlibat," kata Armin.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tanggapi HT, Prasetyo Ungkap Hasil Audit BPK Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro