Powered by Blogger.
Latest News
Friday, August 11, 2017

8 Pengusaha Tertipu Investasi Saham Senilai Rp 16 Miliar

BSC Jakarta - Delapan pengusaha tertipu oleh Koman Effendi (42). Para pengusaha berduit itu tertipu investasi saham senilai total Rp 16 miliar.

Wakil Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya AKBP Ahmad Yusep mengatakan pihaknya awalnya menerima laporan dari para korban pada 5 Juli 2017. Dalam kasus ini, tersangka Koman ditangkap polisi pada 3 Agustus 2017.

"Tersangka kami tangkap di rumahnya di Grand Puri Grisenda, Kelurahan Kapuk Muara, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara," ujar Yusep dikutip dari detikcom, Sabtu (12/8/2017).

Kasus ini bermula ketika tersangka menawarkan investasi saham kepada para korban. Tersangka menjanjikan keuntungan 4 persen per bulan dari setiap dana yang mereka investasikan.

"Korban menaruh saham macam-macam, ada yang ratusan juta rupiah hingga miliaran rupiah dan itu berlangsung selama beberapa bulan," lanjut Yusep.

Semula, keuntungan yang dijanjikan tersangka berjalan mulus. Namun, tiga bulan berikutnya, para korban tidak kunjung mendapatkan keuntungan seperti yang dijanjikan di awal oleh tersangka.

"Setelah masuk bulan keempat, tersangka tidak memberikan keuntungan lagi dan uang modal tidak dikembalikan dengan alasan mengalami kerugian," lanjutnya.

Atas hal itu, para korban kemudian melaporkannya ke Polda Metro Jaya. Tersangka dijerat dengan Pasal 28 ayat 1 juncto Pasal 45A ayat 1 UU RI No 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU RI No 11 Tahun 2008 tentang ITE dan/atau Pasal 378 KUHP dan/atau Pasal 372 KUHP dan/atau Pasal 3, 4, 5 UU RI No 8 tahun 2010 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

"Dari tersangka, polisi menyita barang bukti berupa 1 lembar KTP (kartu tanda penduduk), 2 buah buku tabungan BCA, dan 2 buah kartu ATM. Selanjutnya, polisi segera melimpahkan berkas perkara tersebut ke jaksa penuntut umum.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: 8 Pengusaha Tertipu Investasi Saham Senilai Rp 16 Miliar Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro