Powered by Blogger.
Latest News
Wednesday, August 23, 2017

Pemerintah Genjot Pembangunan Desa untuk Cegah Urbanisasi

BSC Jakarta - Pemerintah terus menggenjot pelaksanaan program-program pembangunan desa untuk mencegah masyarakat melakukan urbanisasi. Pemerintahan Jokowi-JK ingin ada keseimbangan antara kota dan desa.

"Bagaimana memakmurkan pedesaan. Karena apa bila tidak maka akan terjadi urbanisasi besar-besaran," ujar JK dalam pembukaan acara Village Development Forum 2017 di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (24/8/2017).

JK khawatir jika desa tidak memiliki kemampuan dalam bidang ekonomi dan produktivitas, maka beban kota akan semakin besar. Namun, apabila ada kemakmuran desa, maka daya beli masyarakat kota akan lebih baik.

"Jadi akan menimbulkan keseimbangan antara daerah di Indonesia, baik perkotaan maupun pedesaan," terangnya.

Sekitar 60 persen penduduk Indonesia berada di desa. Karenanya, pemerintah terus berupaya membangun program-program pembangunan infrastruktur ekonomi, kesehatan, dan pendidikan bagi masyarakat pedesaan. 

Undang-undang Desa tahun 2014 yang dihasilkan juga bertujuan agar desa dapat dikembangkan. Bahkan jauh sebelum UU Desa 2014, pemerintah telah membuat program pembangunan desa lewat PMD lewat Kementerian Dalam Negeri, juga ada program daerah tertinggal, dan saat ini program dana desa.

"Tentu kemudian yang menjadi sektor yang penting ialah Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal, transmigrasi yang memberikan program dan arahan, juga tentu pembinaan langsung kepada daerah desa-desa yang jumlahnya seperti dikatakan tadi hampir 75.000. itu jumlah yang besar," jelasnya.

Namun, JK mengatakan, semua program ini akan berjalan lancar jika ada inisatif dari desa untuk menjalankan program-program pemerintah. Pembangunan-pembangunan itu seperti pembangunan jalan, pengairan, listrik, dan kesehatan.

"Sekarang kita butuhkan inisiatif dari pedesaan sendiri sehingga akan bertemu suatu program bersama apa yang telah diberikan dan apa yang akan dilakukan oleh desa-desa untuk kemajuan desa itu sendiri," kata JK.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pemerintah Genjot Pembangunan Desa untuk Cegah Urbanisasi Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro