Powered by Blogger.
Latest News
Friday, September 15, 2017

Rudal Korut Akan Berdampak Ke Imdonesia Jika Serangan Itu Ke Korsel

BSC Jakarta - Korea Utara (Korut) dua kali menembakkan rudal dan melintasi wilayah Jepang hanya dalam kurun kurang dari sebulan. Penembakan rudal tersebut dianggap tak akan berdampak langsung terhadap Indonesia. 

"Kalau dampak ke Indonesia saya tidak melihat dampak langsung. Kecuali kalau benar-benar ada serangan nuklir oleh Korut ke Jepang atau Korsel, tentu kita akan terdampak," kata guru besar hukum internasional UI, Hikmahanto Juwana, di kutip daro detik Jumat (15/9/2017). 

Hikmahanto menjelaskan ketegangan dunia sebagai dampak rudal Korut ini pun tak terlalu terlihat. Sementara itu, dampak tak langsung ke Indonesia diperkirakan akan menyasar sektor ekonomi dan keamanan. 

"Tapi itu semua kan negara-negara di dunia juga akan merasakan," tutur Hikmahanto.

Menurut Hikmahanto, peluncuran rudal dilakukan Korut sebagai ketidaksukaan atas sanksi yang dijatuhkan PBB. 

"Nah, menurut saya, masyarakat internasional harus hati-hati karena ini bisa jadi respons Korut ke AS, terutama Presiden Trump. Presiden Trump sepertinya ingin melakukan sesuatu kepada Korut, seperti menginisiasi sanksi DK PBB. Saya khawatir di sini masalahnya. Karena terhadap AS, Korut akan tega untuk melakukan tindakan apa pun," tutur Hikamahanto. 

"Oleh karenanya, faktor Trump ini harus diredam oleh masyarakat internasional karena, bila tidak, negara-negara terdekat Korut-lah yang akan terdampak, terutama Jepang dan Korsel," imbuhnya. 

Korut telah dua kali meluncurkan rudal balistik yang melintasi wilayah Jepang. Kedua rudal itu sama-sama diluncurkan dari pangkalan udara Sunan di Pyongyang, Korut.


Pangkalan udara Sunan terletak di kompleks Bandara Internasional Sunan, yang melayani penerbangan sipil dari dan ke Korut. Bandara Sunan terletak tidak jauh dari Ibu Kota Pyongyang dan merupakan satu-satunya bandara di Pyongyang.

Rudal balistik yang ditembakkan Korut pada 29 Agustus lalu juga melintasi wilayah Jepang. Diketahui rudal itu diluncurkan dari landasan Bandara Sunan.(*)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Rudal Korut Akan Berdampak Ke Imdonesia Jika Serangan Itu Ke Korsel Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro