Powered by Blogger.
Latest News
Friday, November 17, 2017

Pembebasan Sandera KKB Papua, Hasil Dari Operasi Senyap TNI

BSC Bandung - Tim gabungan TNI dan Polri berhasil melakukan penyelamatan terhadap ratusan orang yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan keberhasilan itu hasil dari operasi senyap.

Gatot Nurmantyo mengatakan kolaborasi antara TNI dan Polri merupakan bentuk tanggung jawab untuk menjaga keutuhan Indonesia sesuai dengan fungsi masing-masing. 

"Kepolisian menyiagakan dan mengamankan warga sekitar. TNI bergerak dengan senyap," ujar Gatot usai menghadiri acara di Kampus Unisba, Kota Bandung, Sabtu (18/11/2017). 
Gatot menjelaskan dalam operasi senyap tersebut pasukan gabungan dari Kopasus, Batalion 751 Rider dan Taipur Kostrad melakukan pergerakan sejauh 4,5 km selama 3-4 hari yang diakhiri dengan pertempuran di dua tempat hingga akhirnya KKB mundur. 
Setelah berhasil menguasai lokasi penyanderaan, Gatot menginstruksikan agar mengutamakan keselamatan sandera. Selanjutnya Kapolda dan Pangdam melakukan evakuasi terhadap para sandera. 

"Sebelum evakuasi saya perintahkan agar kiri kanan jalan harus aman. Kalau ada tembakan jauh itu," katanya. 
Menurut Gatot, sandera yang merupakan warga asli tetap bertahan di kampungnya dengan penjagaan dari TNI dan Polri. Sementara yang bukan berasal dari kampung tersebut telah diungsikan. 

Soal KKB yang melarikan diri, Gatot mengatakan hal itu sedang dalam pengejaran. "Masih dalam pengejaran, tapi fokus saya kesampingkan semuanya. Yang penting adalah sandera harus selamat," ujarnya.(BSC)
  • Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Pembebasan Sandera KKB Papua, Hasil Dari Operasi Senyap TNI Rating: 5 Reviewed By: Beritasitaro